Tuesday, June 18, 2013

UTU Meulaboh Bangun Kerjasama dengan IPB(Bogor).

Bogor – Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh Barat
menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam kerjasama penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan di Ruang Sidang LPPM, Kampus IPB Darmaga, (13/6).
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof Dr Ir Yonny Koesmaryono, MS menyampaikan, IPB dengan UTU telah memiliki hubungan baik sejak lama. Mulai dari IPB menerima dosen magang dari UTU, hingga banyaknya alumni IPB yang telah berkiprah menjadi
dosen di universitas Teuku Umar.

Selain itu, Prof Yonny juga menyampaikan, IPB akan selalu terbuka untuk kerjasama-kerjasama bidang pendidikan, pertukaran staf dosen, pelatihan, bidang kemahasiswaan bahkan pertukaran mahasiswa untuk melakukan kredit poin kuliah di IPB.

“Tidak hanya bidang Akademik tapi juga dibidang penelitian, IPB punya riset-riset untuk dikerjasamakan melalui berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan UTU,” ujar Yonny.

Yonny juga menambahkan, IPB siap membantu pengembangan UTU, saat ini maupun saat UTU telah menjadi PTN, seperti yang telah IPB lakukan pada Universitas Bangka Belitung, Borneo, Musamus Merauke, Untirta Banten dan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

“IPB membuka diri bagi civitas akademika UTU dan putra-putri Barat dan Selatan Aceh untuk melanjutkan studi di IPB dan siap mengupayakannya melalui beasiswa Dikti baik studi penuh maupun kerjasama transfer kredit, juga kerjasama riset
dan pengabdian masyarakat.
Aceh memiliki keunikan dari potensi sumber daya alam dan budaya,“ jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Drs Alfian Ibrahim, MS, dalam sambutannya menyatakan, dirinya menaruh harapan besar terhadap kerjasama ini sejak diamanatkan menjadi Rektor.

Keinginannya untuk memajukan dunia pendidikan di wilayah bagian barat-selatan Aceh dengan menjadikannya sebagai zona pertanian. Alfian berharap IPB bisa membina universitas yang di pimpinnya. Selain itu Alfian juga mengucapkan rasa
terimakasihnya atas keterbukaan IPB untuk melakukan kerjasama dengan universitas yang dipimpinnya tersebut.

“UTU mencari pembina dari PTN yang dapat menjadi Abang atau Bapak Angkat bagi UTU. Masyarakat Barat Selatan Aceh perlu didukung untuk mengembangkan SDM dan potensi daerah termasuk salah satu poinnya adalah dengan menjadikan UTU sebagai PTN sehingga putra putri barat- selatan Aceh bisa mengenyam pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas,” harap Alfian.

Acara penandatanganan kerjasama tersebut turut dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa asal Aceh yang sedang menimba ilmu di IPB tersebut, dilanjutkan dengan mengunjungi kebun kerjasama IPB dengan Taiwan (ICDF ), Asrama mahasiswa dan fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

No comments:

Post a Comment