Wednesday, June 19, 2013

Pemkab Aceh Barat Targetkan Wilayahnya Jadi Sentral Pemasaran Karet Di Indonesia

* Di wilayah pantai barat Aceh, wilayah ini merupakan penghasil karet terbesar hingga mencapai 40,6 ton/minggu dengan jumlah ekspor Mencapai 25 ton/minggu

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menargetkan menjadi satu-satunya sentral pemasaran dan pengembangan karet di daerah paling ujung barat Indonesia.

"Tidak sulit menjadikan Aceh Barat ini sebagai sentral pemasaran karet basah apalagi akan ada investor dari Thailand yang akan menanamkan modalnya di daerah ini," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Barat Teuku Helmi di Meulaboh, Jumat.

Ia menjelaskan, pada pertemuan dengan Pemerintah Thailand pada tahun 2013, negara itu mengharapkan Aceh Barat dapat menjadi sentral pemasaran karet, sehingga investornya bersedia mendirikan pabrik pengolah karet berkelas internasional di bumi "Teuku Umar" ini.

"Harapan dari investor Thailand adalah Aceh Barat dapat menjadi sentral pemasaran karet sehingga pabrik pengolah karet nantinya akan menampung seluruh karet di Aceh untuk diekspor langsung ke negara mereka," imbuhnya.

Katanya, Pemkab Aceh Barat akan terus terfokus pada pengembangan perkebunan karet dan akan membentuk kerja sama lintas sektoral dengan kabupaten tetangga untuk mencapai target yang diharapkan investor luar

No comments:

Post a Comment