Wednesday, June 19, 2013

Pemkab Aceh Tengggara Salurkan Bantuan 2.041 Ternak Secara Gratis Untuk Masyarakatnya

* Ternak Tersebut Tidak Boleh Di Perjual Belikan, Karena Bantuan Untuk Ekonomi Masyarakat Aceh Tenggara

Aceh Tenggara : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) kembali lagi menyalurkan bantuan ternak sapi bali sebanyak 941 ekor dan kambing kacang 1.100 ekor kepada masyarakat Agara yang tersebar di 16 kecamatan secara gratis. Bantuan ternak sapi dan kambing Pemkab Agara yang disalurkan Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan (Diskeswannak) Aceh Tenggara.

Dari jumlah tersebut,untuk sapi betina sekitar 855 ekor dan jantan 86 ekor. Sementara itu untuk tahap awal telah diserahkan kepada warga di wilayah Kecamatan Darul Hasanah sebanyak 102 ekor, dan selanjutnya akan terus disalurkan secara bertahap hingga bulan Agustus 2013,kata Sekretaris Diskeswannak Agara,Juhari SP, kepada wartawan, diruang kerjanya.

Ternak tidak boleh diperjualbelikan kepada pihak lain karena akan dapat diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,jelas Juhari,seraya menegaskan bahwa dalam penyaluran bantuan ternak sapi dan kambing,pihaknya tidak ada memungut biaya apapun dari para calon penerima. Ketika disinggung besar anggaran untuk pembelian bantuan ternak tahun 2013 tersebut dan sumber pendanaanya dari mana serta juknis atau kriteria calon penerima bantuan ternak tahun ini,Sekretaris Diskeswannak Agara itu menyarankan agar ditanyakan saja langsung ke PPTK nya.

Selain itu,kata Arafik,pihaknya juga sudah menyurati Dinas Peternakan Aceh Tenggara untuk meminta data calon penerima bantuan ternak 2013,dengan tujuan agar LSM GAKAG juga dapat melakukan investigasi lapangan dalam mengecek kebenaran para calon penerima bantuan ternak tersebut,sehingga nantinya tidak ada lagi kita temukan penyaluran bantuan ternak yang tak tepat sasaran,”ujar Arafik

No comments:

Post a Comment