Thursday, June 13, 2013

Penyakit Yang Timbul Akibat Stress

Penyakit akibat stress juga memang tidak bisa dibilang sedikit. Karena pengaruh stres apalagi yang berat serta berkepanjangan akan bisa menimbulkan gejala tanda stres yang akan terlihat baik itu secara fisik maupun secara psikologi juga. Karena memang beban tekanan mental akan mempengaruhi mempengaruhi keadaan fisik, mental dan emosi seseorang. Untuk itulah kita akan belajar sedikit mengenai beberapa jenis penyakit yang ditimbulkan stres pada diri seseorang.

Definisi stress adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang akan bisa mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Dan hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang juga. Itulah yang dimaksud dengan pengertian stress itu sendiri.

Ada beberapa penyakit akibat stress dan juga beberapa jenis gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh karena stres baik itu srtess akut maupun stres berkepanjangan juga.

Penyakit Akibat Stress

Berikut adalah berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan akibat stres mental yang bisa terjadi yaitu :

1. Penyakit Jantung.
Kita tahu bahwasannya stres akan meningkatkan hormon tubuh yang bernama "adrenaline" kedalam saluran darah kita. Hormon ini bersama-sama dengan beberapa hormon yang lain akan menyebabkan beberapa perubahan terjadi di dalam tubuh kita sebagai persiapan untuk melindungi kita. Di antara perubahan-perubahan itu ialah denyut jantung akan meningkat dan tekanan darah akan meningkat pula.

Bila hal ini dibiarkan, maka hal ini akan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan jantung kita serta juga kesehatan pembuluh darah juga. Stress juga akan meningkatkan tekanan darah di samping juga akan memudahkan proses pembekuan darah. Semua ini merupakan perubahan-perubahan yang bisa menyebabkan serangan jantung (penyakit jantung koroner). (Health Education Associates, 1996; Stress and Heart Disease).

2. Kegemukan (Obesitas).
Banyak manusia ketika sedang dalam tekanan yang berat maka tindakan yang dilakukannya, atau pun mekanisme koping terhadap stres yang dilakukannya adalah banyak makan. Dan yang lebih membahahayakan lagi adalah bila makan ini adalah banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

Terlalu banyak makan junk food, camilan tinggi garam dan gula atau minuman berpengawet dan berperisa buatan secara terus-menerus dalam waktu lama bisa mengakibatkan berat badan berlebih atau obesitas. Selain itu juga akan memberikan dampak yang buruk lainnya yaitu menumpuknya kolesterol jahat dalam tubuh dan akan banyak lagi penyakit yang bisa tmbul akibat dari obesitas serta kolesterol jahat ini.

3. Depresi.
Depresi adalah gangguan alam perasaan yang berat dan dimanifestasikan dengan gangguan fungsi sosial dan fungsi fisik yang hebat, lama dan menetap pada individu yang bersangkutan. Depresi adalah suatu jenis alam perasaan atau emosi yang disertai komponen psikologik seperti halnya rasa susah, murung, sedih, putus asa dan tidak bahagia, serta komponen somatik contohnya : anoreksia, konstipasi, kulit lembab (rasa dingin), tekanan darah dan denyut nadi sedikit menurun. Inilah yang dimaksud dengan pengertian depresi. Dan ini juga termasuk dalam penyakit yang disebabkan stres juga.

Maka gangguan akibat depresi serta stres seperti tersebut di atas lah yang akan bisa mengganggu kesehatan diri seseorang. baik itu secara fisik maupun mentalnya. Bila dibiarkan berkelanjutan, maka depresi akan berpengaruh terhadap penurunan kondisi tubuh secara fisik, gangguan kesehatan mental akut bahkan sampai bisa terjadi resiko kematian.

4. Tubuh Mudah Terkena Sakit.
Beberapa ilmuwan yang telah melakukan penelitian mengenai hubungan stres dengan penyakit ini juga bahwasannya stress akut akan bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia. Beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh ketika beban berlebihan datang, hal ini akan bisa memengaruhi kemampuan kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas leukosit (sel darah putih).

Terganggunya aktifitas sel darah putih ini lah yang akan bisa menurunkan imunitas dan daya tahan tubuh akan menurun. Kita tahu bahwa salah satu fungsi leukosit ini adalah memerangi berbagai jenis virus bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bila terganggu maka otomatis tubuh akan lebih mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan imunitas tubuh sendiri.

Demikianlah beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa disebabkan dan ditimbulkan akibat adanya stressor pada diri seseorang yang tidak tertangani dengan baik. Maka seseorang juga harus mengetahui bagaimana cara mengantisipasi dan memanajemen stress dengan baik. Serta juga perlu untuk memahami dan mengerti akan tips dan cara mengatasi stres dengan baik pula.

No comments:

Post a Comment