Sunday, June 23, 2013

Lapangan Pekerjaan Yang Merata Penting Untuk Menjaga Perdamaian Di Aceh

Profesor Virasakdi : Lapangan Pekerjaan Yang Merata Penting Untuk Menjaga Perdamaian Di Aceh

Foto : Profesor Virasakdi ketika mengunjungi usaha pembuatan kupiah meukeutop di Pidie.

Sigli - Untuk memperkuat perdamaian Aceh, penyediaan lapangan pekerjaan bagi semua orang Aceh adalah salah satu hal penting yang mesti diperhatikan saat ini.

Hal itu disampaikan Profesor Virasakdi Chongsuvivatwong dari Prince of Songkla University (PSU) Thailand di Pendopo Bupati Pidie dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Pidie.

“Saya lihat Aceh sekarang sudah banyak perubahan,” kata Profesor Virasakdi yang sudah puluhan kali berkunjung ke Banda Aceh namun baru kali pertama ke Kabupaten Pidie.

Selain itu kata dia, hal penting lain yang mesti perhatikan adalah untuk tetap memperhatikan orang-orang yang saat ini masih hidup menderita akibat konflik puluhan tahun yang mendera Aceh. “Jangan pernah meninggalkan orang-orang yang masih menderita di belakang kita.”

Di Thailand Selatan, melalui sebuah lembaga yang berada di bawah PSU, Profesor Virasakdi bekerja menangani para korban konflik seperti di Patani dan Yala.

“Kami sangat ingin belajar kepada professor,” kata M Iriawan, Wakil Bupati Pidie saat berdiskusi dengan Profesor Virasakdi.
Menurutnya, di Thailand Selatan masih dalam situasi konflik, namun Profesor Virasakdi sukses melakukan kegiatan dalam rangka penanganan korban konflik. Di Aceh, konflik sudah selesai namun upaya penanganan korban konflik masih banyak kekurangan.

No comments:

Post a Comment