Monday, June 17, 2013

Efek Samping Minum Kopi

Efek buruk kopi bagi kesehatan terutama bila mengkonsumsinya secara berlebihan tentunya ada. Karena segala sesuatu bisa mendatangkan kebaikan dan juga keburukan bisa digunakan secara berlebihan. Semunya akan bisa baik bila dalam keadaan sedang-sedang saja. Termasuk dalam hal minum kopi ini juga. Karena memang efek samping minum kopi apalagi berlebihan akan bisa memberikan pengaruh yang jurang baik juga bagi kesehatan.

Kopi adalah merupakan suatu jenis minuman yang berwarna pekat yang mampu memberikan citra rasa unik dan nikmat bagi para pecandu minum kopi itu sendiri. Bahkan hal ini bisa memberikan efek candu bagi penikmat kopi karena kandungan kafein yang terdapat dalam minuman ini. Kafein dalam kopi adalah merupakan senyawa kimia alkaloid yang lebih dikenal dengan trimetilsantin dengan rumus molekul kimianya adalah C8H10N402. Sedangkan jumlah kadar kafein yan terdapat dalam kopi adalah berkisar antara 1-1,5%.

Efek Samping Buruk Minum Kopi

Memang ada juga beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan yang diakui pula dalam dunia medis pula. Diantara manfaat minum kopi diantaranya yaitu bisa menurunkan resiko penyakit diabetes melitus (DM), membantu dalam mencegah timbulnya penyakit kanker, mengurangi resiko terkena serangan dan penyakit stroke dan beberapa manfaat lainnya.

Akan tetapi disamping ada manfaatnya, ada juga beberapa hal yang perlu kita untuk kita perhatikan akan efek samping kopi yang perlu diwaspadai oleh para penikmat sserta pecandu kopi bila dilakukan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa efek buruk minum kopi yang perlu menjadi perhatian kita juga yaitu :

1. Peningkatan Produksi Asam Lambung Berlebihan.
Konsumsi yang berkepanjangan dan berlebihan dari minum kopi ini akan mempengaruhi lapisan perut. Kehadiran bahan kimia dalam kopi akab dapat memperburuk lapisan perut sehingga menimbulkan masalah pencernaan seseorang. Orang yang mempunyai gangguan ulkus lambung akan mengeluh perasaan kembung atau sakit di perut terutama disebabkan oleh peningkatan jumlah asam lambung akibat dampak dari pengaruh yang kafein yang terdapat dalam kopi.

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan, Di sisi lainnya kopi juga dikenal dapat meningkatkan ambang kegelisahan. Salah satu efek samping kafein bagi kesehatan jiwa adalah memicu kegelisahan. Tidak semua orang mengalami efek samping ini, namun penelitian di University of Michigan membuktikan keparahannya bisa menyebabkan seseorang mudah tersinggung bahkan sampai tangannya gemetar.

Selain itu dosis konsumsi yang berlebihan tidak bisa diterima oleh semua orang. Selain itu, karena tingkat keasaman kopi yang cukup tinggi akan dapat merangsang peningkatan dan juga pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

2. Gangguan Jantung.
Kafein sebagai kandungan utama kopi mempunyai sifat stimulan yang mencandu. Kafeine bisa mempengaruhi kerja dari sistem kardiovaskuler seperti contohnya adalah peningkatan detak jantung dan tekanan darah.

Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam kadar tertentu kafein akan bisa mempengaruhi susunan saraf pusat di otak serta juga kerja jantung itu sendiri. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung.

3. Memicu Terjadinya Insomnia.
Insomnia ini adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami gangguan susah tidur dan atau kurangnya waktu istirahat tidur terutama malam hari karena rutinitas yang memaksa seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dan karena terbiasa.

Minum kopi secara berlebihan akan bisa menjadi penyebab insomnia terjadi pada diri seseorang. Karena dampak atau pengaruh buruk insomnia terhadap kesehatan juga tidak bisa dibilang sedikit. Diantaranya yaitu menurunkan daya konsentrasi seseorang, mudah mengalami stress, bisa juga memicu akan obesitas dan kegemukan, berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan juga mata. Untuk itulah diperlukan juga akan tips mengatasi insomnia dengan tepat dan sehat.

Selain hal tersebut di atas, kecanduan kopi juga bisa mengakibatkan beberapa hal gangguan kesehatan. Berikut beberapa hal yang bisa diakibatkan oleh para pecandu kopi yang tidak lagi minum kopi yang dikutip dari Hubpages diantaranya yaitu :
  1. Sulit konsentrasi.
  2. Mudah marah.
  3. Rasa lelah sepanjang hari.
  4. Sembelit.
  5. Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki.
  6. Perasaan khawatir dan gelisah.
  7. Perut mulas.
  8. Pusing.
  9. Terjadi gangguan tidur.
Demikian beberapa hal yang bisa menjadi efek buruk dari minuman kopi dan semoga bisa bermanfaat terhadap kesehatan kita. Intinya adalah jangan berlebihan dalam minum kopi karena akan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kita semuanya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment