Saturday, June 22, 2013

Suplemen Vitamin

Suplemen vitamin memang kadang kala kita butuhkan di kala kondisi kebugaran tubuh kita sedang merosot. Karena memang sebenarnya tubuh kita bisa mendapatkan zat-zat nutrisi dan gizi dari berbagai bentuk makanan yang bergizi serta juga berbagai jenis buah-buahan yang menyehatkan badan kita. Lalu adakah manfaat suplemen kesehatan ini sebenarnya bagi kesehatan kita semuanya ? Pertanyaan itulah yang harus bisa kita ketahui bersama.

Situs Health Reviser telah dilansir bahwasannya dibandingkan rutin minum suplemen vitamin tiap hari, makan buah dan sayuran segar secara teratur bisa memberikan dampak positif yang jauh lebih besar, karena produk buah dan sayuran ini akan bisa langsung dikonsumsi tanpa melewati beragam proses kimiawi dan lainnya. Nutrisi yang didapat langsung dari buah dan sayur diserap dan bekerja lebih baik di dalam tubuh.

Untuk itu janganlah kita untuk mudah tergiur dengan iklan serta juga berbagai klaim suplemen vitamin. Penelitian telah menunjukkan bahwa sepertiga dari suplemen vitamin bermerek disertai dengan tingkat mahal harganya ternyata malahan tidak mengandung nutrien yang cukup seperti yang tertera dalam label kemasan.

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan secara independen terhadap 38 merek multivitamin yang populer di Amerika, ditemukan hampir sepertiganya tidak mengandung cukup nutrien. ConsumerLab.com, sebuah laboratorium independen menguji keberadaan nutrien seperti asam folat, kalsium dan vitamin A (retinol dan beta-karoten) dalam suplemen yang mengklaim mengandung zat-zat tersebut.

Manfaat Khasiat Suplemen Vitamin Bagi Kesehatan

Tim ConsumerLab juga telah menguji berapa lama waktu pemecahan tablet pada cairan. Hasilnya akan menentukan seberapa cepat kandungan vitamin bisa diserap oleh tubuh. Dari 38 jenis suplemen vitamin yang dites, 13 dinyatakan gagal karena kelebihan satu jenis kandungan atau karena mereka tidak mengandung cukup kandungan seperti yang tertera dalam label. Bahkan, beberapa suplemen tidak mengandung zat-zat sesuai yang diiklankan.

Hasil pengujian juga menunjukkan suplemen multivitamin yang harganya mahal tak berarti bekerja lebih baik daripada suplemen yang lebih murah. Beberapa suplemen yang diketahui bekerja dengan baik justru yang murah. Itu sebabnya, bertindaklah bijaksana dalam memilih suplemen dan vitamin. Jangan tergiur oleh harga mahal dan promosi berlebihan dari berbagai produk.

Sebaliknya ada juga beberapa manfaat suplemen vitamin bagi kesehatan dan juga bagi tubuh yaitu diantaranya :

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh.
Beberapa gangguan metabolisme dan pencernaan, dapat mempengaruhi dari proses penyerapan makanan dalam tubuh, yang hal ini akan bisa menyebabkan menurunnya asupan nutrisi dalam tubuh. Di sinilah peran suplemen. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup membantu meningkatkan metabolisme dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Ini adalah bagian manfaat suplemen bagi tubuh.

2. Membantu Diet Vegetarian.
Bagi Anda yang menjalankan diet vegetarian, tentunya tidak mengkonsumsi makanan hewani. Padahal di satu sisi, makanan hewani banyak menyediakan sumber nutrisi penting bagi diet Anda, seperti protein, vitamin dan mineral. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini, sayuran dan buah-buahan merupakan makanan pengganti yang baik bagi Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan suplementasi protein, vitamin, dan mineral untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa bebas mengonsumsi suplemen. Meskipun ada beberapa manfaat suplemen terhadap tubuh manusia, bisa saja tubuh Anda tidak membutuhkannya karena sudah mencukupi vitamin dan mineralnya. Bila Anda tetap mengonsumsinya, Anda malah akan kelebihan vitamin dan mineral. Hal ini malah berbahaya untuk kesehatan.

Suplemen vitamin yang bermanfaat misalnya suplemen vitamin A, B kompleks, C, D, E, hingga K. Beberapa orang meminum suplemen vitamin C yang untuk menjaga daya tahan tubuh ketika merasakan kurang enak badan. Ada juga beberapa suplemen untuk penambah darah yang biasa diberikan dokter untuk pasien yang kekurangan darah. Termasuk suplemen bagi ibu hamil.

Selain itu, terdapat juga suplemen penambah kalsium yang dikonsumsi oleh orang lanjut usia untuk mencegah osteoporosis. Bagi anak-anak, ada suplemen minyak ikan bagi anak yang dapat membantu anak dalam proses belajar. Kandungan omega-3 dalam suplemen minyak ikan dapat membantu konsentrasi anak dan mengatasi hiperaktif pada anak.

No comments:

Post a Comment