Thursday, June 27, 2013

Sudah Masuk Tahun Ajaran Baru Sekolah, Beasiswa Yatim Di Aceh Sejumlah Rp. 117.738 Miliar Belum Di Cairkan

* Kadisdik Aceh: Masih dalam Proses, Mohon Bersabar Untuk Anak Yatim dan Piatu Di Aceh

BANDA ACEH - Hinga 24 Juni 2013, bantuan pendidikan (beasiswa) Rp 1,8 juta/tahun/orang untuk 116.604 anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang sudah dialokasikan dalam APBA 2013 sebesar Rp 117.738 miliar belum disalurkan kepada calon penerima. Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh berdalih penyaluran beasiswa tersebut masih dalam proses penyiapan administrasi pengamprahan.

Kadisdik Aceh, Drs Anas M Adam MPd melalui Pengelola Dana Bantuan Pendidikan Anak Yatim Disdik Aceh, Abdul Manaf yang ditanyai Serambi, Senin (24/6) menjelaskan, tahapan penyaluran beasiswa untuk anak yatim, piatu, dan yatim piatu di Aceh yang menjadi korban konflik, bencana tsunami, dan lainnya sudah sampai tahap verifikasi kedua.

Pada verifikasi pertama, menurut Abdul Manaf, pihaknya melekukan seleksi usulan data calon penerima yang disampaikan Disdik Kabupaten/Kota. “Tahapan itu sudah dilakukan bulan lalu. Data calon penerima sudah diserahkan kembali ke masing-masing kabupaten/kota untuk dicek ulang,” kata Manaf.

Tahapan yang sedang dilakukan sekarang ini, lanjut Manaf adalah menyiapkan daftar nama-nama calon penerima bantuan per kabupaten/kota dan per sekolah yang akan diserahkan ke Bank Aceh untuk penyaluran. Sedangkan untuk usulan pengamprahan anggarannya ke Dinas Keuangan Aceh, penyiapan datanya akan dilakukan setelah penyiapan data nama calon penerima bantuan untuk Bank Aceh selesai.

Tahapan berikut dari proses penyaluran dana bantuan pendidikan bagi anak yatim ini, menurutnya adalah menunggu pergub. Draf pergub sudah dibuat dan juga sudah diserahkan ke Biro Hukum Setda Aceh untuk ditelaah.

Dari pihak Biro Hukum Setda didapat informasi draf pergub tersebut sedang ditelaah dan dijadwalkan Kamis (27/6) diserahkan ke Gubernur Zaini Abdullah untuk ditandatangani.
Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda mengatakan dana bantuan pendidikan untuk anak yatim, piatu, dan yatim piatu harus segera direalisasikan karena menyangkut kelanjutan pendidikan anak-anak mulai tingkat SD/SDLB/MIN, SMP/MTSN, sampai SMA/SMK/MAN dan dayah. “Bantuan Rp 1,8 juta/orang/tahun atau Rp 900.000/semester itu sangat membantu pendidikan anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,” demikian Sulaiman Abda

No comments:

Post a Comment