Tuesday, June 11, 2013

Pemerintah Aceh Harus Serius Tangani Peredaran Ikan Berformalin, Yaitu Dengan Menyediakan Ruang Pendingin (Cold Storage) di Semua Pasar Ikan Rakyat Di Aceh

YAPKA : Pemerintah Aceh Harus Serius Tangani Peredaran Ikan Berformalin, Yaitu Dengan Menyediakan Ruang Pendingin (Cold Storage) di Semua Pasar Ikan Rakyat Di Aceh

“Yang paling penting, pemerintah harus mengawasi peredaran ikan berformalin. Cari tahu pelakunya dan berikan sanksinya,” demikian Fahmiwati

BANDA ACEH - Ketua Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh (Yapka), Fahmiwati SE, meminta pemerintah dan intansi terkait di Aceh untuk serius mengawasi peredaran ikan berformalin, yang saat ini banyak beredar di Aceh. “Ini harus dihentikan pendistribusiannya. Sebab sangat berbahaya bagi masyarakat,” kata Fahmiwati kepada Serambi, Senin (10/6).

Menurut Fahmiwati, sudah saatnya pemerintah dan instansi berwenang, seperti Balai Pengawasan Obata-obatan dan Makanan (BPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta para pedagang ikan, mencermati permasalahan ini, agar tidak berlarut-larut.

Pasalnya, kondisi seperti saat ini, tak hanya merisaukan masyarakat konsumen. Tapi, ulah sebagian oknum yang mencari keuntungan atas penderitaan orang lain, sangat mengganggu kelangsungan ekonomi nelayan dan para pedagang kecil di daerah ini.

Terkait peredaran ikan berformalin, Yapka menyarankan Pemerintah Aceh fokus mengatasinya, salah satunya dengan cara menyediakan Cold Storage (ruang pendingin) yang ditempatkan di setiap pasar rakyat. Ruang pendingin itu diharapkan digunakan para pedagang untuk menyimpan ikan untuk waktu lebih lama tanpa menggunakan formalin.

Selain itu, pemerintah juga harus kontinyu atau terus menerus melakukan penyuluhan-penyuluhan teknis kepada para pedagang pengecer, tentang cara penanganan ikan dan pemakaian peralatan pendingin yang benar dan higienis.

No comments:

Post a Comment