Monday, May 6, 2013

Cara Mengatasi Komputer Selalu Trouble Dan Bermasalah

Cara Mengatasi Komputer Selalu Trouble - Computer loading lama (lemot), computer hang, computer tidak bisa loading, USB tidak terdeteksi, dan juga computer restart sendiri akan membuat kita merasa sangat terganggu. Kondisi seperti ini sangat sering kita jumpai pada komputer tertentu yang dari sisi pemakaian komputer tersebut memang sudah sangat tua.
Kerusakan pada suatu komponen komputer sudah pasti akan memicu terjadinya error susulan, baik itu dari system operasi-nya maupun gejala hardware. Kinerja sebuah komputer tidak lagi bisa berjalan secara maksimal apabila factor kerusakan pada hardware sudah dalam level yang fatal.
Jenis permasalahan komputer sebenarnya sangat banyak sekali, gangguan dalam membuka aplikasi, software yang terinstal tidak bisa berjalan dengan baik, dst. Dari sekian banyak type trouble pada komputer sebenarnya semua jenis permasalahan hanya dipicu oleh dua factor, yakni Software dan Hardware. Software yang dimaksudkan adalah operating system yang digunakan, dan hardware meliputi semua komponen perangkat keras yang terakit dalam Central Processing Unit (CPU).
Supaya gejala tidak sehat pada komputer anda tidak terus berlanjut, maka anda harus melakukan langkah perbaikan dengan melakukan diagnosa trouble terlebih dulu hingga ditemukan titik kerusakan yang sebenarnya, apakah disebabkan oleh factor operating system (OS) atau salah satu komponen ada yang rusak.
Solusi untuk menyelesaikan gangguan pada komputer
Kerusakan hardware
Periksalah semua komponen perangkat keras (hardware) dalam CPU. Buka casing CPU dan lakukan pengecekan pada setiap komponen. CPU memuat banyak komponen penting, mulai kipas (fan), Random Access Memory (RAM), VGA, Processor, hardisk, kabel connector, perangkat CD, floppy drive, power supply dan perangkat keras lainnya. Periksa fisik semua komponen perangkat keras tersebut, apakah anda menemukan indikasi cacat pada salah satu hardware. Pastikan anda mengeceknya secara keseluruhan dengan pengecekan yang seksama. Jika anda menemukan salah satu komponen hardware yang bermasalah, lepas hardware tersebut dan lakukan analisa.
Kerusakan software
Trouble pada komputer yang disebabkan oleh gejala kerusakan software lebih mudah diatasi, karena yang dibutuhkan hanya mereset OS yang ada dengan melakukan instalasi ulang OS. Jika kerusakan yang sebenarnya terletak pada hardware, maka instalasi ulang OS tidak aka berdampak pada membaiknya kinerja komputer. Komputer error akan kembali terjadi dan komputer akan seperti sedia kala seperti sebelum anda melakukan intalasi ulang operating system.
Cukup sekian semoga bermanfaat dari kami. Goodluck..!!!!! 

by..

No comments:

Post a Comment