Tuesday, May 28, 2013

Berkebun Dilahan Sempit tak Jadi Masalah

Anda suka berkebun dan ingin mempercantik kebun di rumah? Memiliki kebun tak harus menyediakan lahan kosong yang luas. Dengan lahan sempit pun, Anda sudah bisa berkebun dan meletakkan berbagai macam tanaman untuk mempercantik lahan tersebut. Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Saat ada waktu luang di rumah, Anda bisa memafaatkannya dengan berkebun.
Namun, sayangnya hanya sedikit orang yang
memanfaatkan waktunya untuk melakukan hal tersebut. Seseorang yang malas berkebun dikarenakan dirinya tak memiliki lahan yang cukup luas. Padahal, lahan kecil yang kosong bisa dijadikan tempat berkebun. Bagaimana caranya? Dilansir dari Care2.com, berikut cara cerdas berkebun di lahan sempit:
1.      Meletakkan tanamandalam kontainer
Hampir semua sayuran bisa ditumbuhkan di dalam kontainer. Jika sudah memiliki kontainer, maka Anda bisa mengisinya dengan tanah yang baik, lokasi yang mendapat sinar matahari yang cukup, dan menyiramnya secara teratur. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh dan kebun Anda pun jadi terlihat lebih asri. tanaman dalam container
2.      Menciptakan kebunvertikal
Berkebun tidak harus dilakukan di lahan yang luas. Untuk itu, Anda bisa menciptakan kebun vertikal di rumah. Caranya, menanam tanaman di dalam pot, lalu menggantungnya. Selain itu, Anda juga bisa menanam beberapa tanaman yang bisa merambat sehingga bisa dikembangbiakkan secara vertikal.
3.      Pilih tanaman yangcepat tumbuh
Pilihlah tanaman yang cepat tumbuh, seperti sayuran selada. Selain itu, tanam juga beberapa jenis sayuran lainnya yang menyehatkan. Dengan begitu, Anda akan merasa senang dan puas karena bisa menikmati hasil dari kebun sendiri walau lahannya sempit. 
4.      Memvariasikan tanaman
Selain memilih tanaman yang cepat tumbuh, Anda juga harus memvariasikan tanaman dengan menanam tanaman yang panennya cukup lama. Tanaman itu, seperti lobak, cabai, dan tanaman lainnya.
5.      Pilih tanaman kerdil
Karena lahan untuk berkebun Anda sempit, maka sebaiknya jangan menanam pohon buah-buahan. Biasanya, pohon buah-buahan itu akan berkembang menjadi besar dan tentunya akan membuat lahan perkebunan Anda menjadi lebih sempit. Untuk itu, pilihlah tanaman yang kerdil agar kebun Anda semakin terlihat menarik. Itulah cara cerdas berkebun di lahan sempit. Bagaimana, Anda mau mulai berkebun mulai saat ini? Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment