Tuesday, June 4, 2013

Selangkah Lagi, Android Jelly Bean Salip Gingerbread



Liputan6.com, Jakarta : Google merilis data terbaru tentang lanskap penggunaan sistem operasi Android. Data terbaru menunjukkan Duet Android versi 4.1.x dan 4.2.x yang dikenal dengan Jelly Bean mulai merayap naik menyusul Gingerbread.

Meski Gingerbread masih mendominasi perangkat Android sebesar 36,5 persen, Android 4.1 dan 4.2 Jelly Bean saat ini sudah mendekati Gingerbread dengan total penggunaan 33 persen.

Dalam sebulan terakhir pangsa pasar Jelly Bean meningkat sebesar 4,6 persen dari bulan sebelumnya. Dan ini berarti tinggal beberapa persen lagi Jelly Bean akan segera menyalip Gingerbread sebagai versi sistem operasi paling populer dipakai di perangkat Android.

Untuk saat ini, versi sistem operasi Android yang paling populer dipakai adalah Android 2.3.3 hingga 2.3.7 Gingerbread dengan porsi 36,4 persen. Gingerbread versiupdate ini dirilis pada bulan Februari 2011.

Jika dirinci lebih khusus berdasarkan data yang dirilis Google, itu artinya ada sekitar 33 persen pengguna Android yang menggunakan Jelly Bean, 25,6 persen menggunakan ICS, 0,1 persen pakai Honeycomb (Android 3.2), dan 36,5 persen 'terjebak' di Android 2.3 Gingerbread. Meski sudah 'tua', Froyo masih digunakan 3,2 persen pengguna Android.



Secara umum, lanskap penggunaan Android saat ini terbagi menjadi tiga besar yaitu Gingerbread, Jelly Bean dan Ice Cream Sandwich. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), Android 2.3 (Gingerbread), dan versi OS Android lainnya terlihat mengalami pertumbuhan yang flat bahkan turun.

Data juga menunjukkan dengan jelas bagaimana Jelly Bean merupakan satu-satunya versi Android yang mengalami pertumbuhan. Ini merupakan kabar baik bagi pengembang, karena itu berarti ekosistemnya masih baik. (dew/*)












No comments:

Post a Comment