Tuesday, June 4, 2013

Harga Emas Anjlok Akibat India Batasi Impor




Liputan6.com, New York : Harga emas turun 1% memperbesar kerugian setelah konsumen emas terbesar dunia, India, membatasi impor logam mulia ke negaranya. Saat ini harga emas di India dijual seharga US$ 1.397,34 per ounce.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (5/6/2013), kontrak emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun US$ 14,70 ke US$ 1.397,20 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange, dengan volume penjualan 50% lebih rendah dari rata-rata bulanan.

Bank Sentral India memperluas pembatasan impor emas yang dilakukan bank-bank yang diumumkan bulan lalu pada semua agen dan rumah-rumah dagang.

Impor emas hanya diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan perajin perhiasan. Keputusan untuk melarang impor emas ini diambil setelah impor emas India melonjak mencapai 162 ton di Mei dari 142.5 ton pada bulan sebelumnya

"Berita Bank Sentral India akan membatasi impor emas mengakibatkan harga emas turun karena perluasan batasan impor dan dapat mengurangi jumlah impor ke dalam negeri," ujar Analis Societe Generale Robin Bhar.

Bhar mengatakan impor Juni bisa turun antara 50 hingga 100 ton pada akhir musim festival Hindu dan pernikahan di India. Keduanya adalah acara tradisional yang memicu pembelian emas.

















No comments:

Post a Comment