Monday, June 10, 2013

Lezatnya Mie Aceh ala Masak Arang di Beurawe

Pernah Mencoba Mie Aceh?? Bagaimana Rasanya?? Tentu nikmat bukan,,!!. Namun bagaimana dengan Mie Aceh yang dimasak dengan tidak menggunakan kompor gas atau minyak tanah, melainkan dengan arang. Anda Pernah Mencobanya?? Hmmm,, Rasanya dua kali lipat lebih nikmat dan lezat.

Salah satu kuliner andalan Aceh yang sudah dikenal hingga nusantara ini, akan lebih nikmat jika dimasak dengan arang. Pasalnya, api dari arang ini akan membuat mie tersebut lebih harum dan rasa bumbunya lebih lezat di lidah.

Di Banda Aceh, anda bisa menemukan 'Mie Aceh ala Masak Arang' ini di kawasan Beurawe, tepatnya di 'Mie Dee Idola' Palace Kupie.

Ketika ditanyai pengalamannya memasak Mie Aceh, Rusliadi mengaku telah mulai memasak Mie Aceh, sejak duduk di bangku SMP.

"Tahun 1991 saya susah mulai berjualan Mie Aceh, namun jika pertama kali membuat Mie Aceh ketika saya SMP saat membantu orang tua berjualan," ujar pria kelahiran 1976 ini.

Sementara itu soal 'Mie Aceh ala Arang', Rusliadi mengaku metode tersebut kerap dilakukan para orang tua terdahulu di tanah kelahirannya, yakni Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie.

"Di Sigli lah asal muasal Mie Aceh ala Arang ini. Karena di Kecamatan Mutiara, sebelum lahir saya para orang tua dulu sudah memasak Mie Aceh dengan arang," imbuhnya.

"Jika masak Mie Aceh pakai arang, maka masaknya merata, wanginya beda, bumbunya lebih terasa, dan rasanya lebih enak," jelas Rusliadi. "Jika masak dengan kompor akan lengket di kuali, tapi kalau dengan arang tidak," tambahnya.

"Selain memasak mie biasa, Mie Aceh juga bisa ditambah ditambah terlur, udang, dan daging, kepiting agar rasanya lebih enak, yang dimasak tumis (basah), rebus (berkuah), atau goreng (kering)," kata Rusli.

Sementara itu soal Harga, Rusli menyatakan dirinya tetap memasang tarif biasa, seperti layaknya penjual Mie Aceh lainnya.

"Untuk harga Mie Aceh biasa Rp 8 ribu, pakai telur Rp10 ribu, pakai udang Rp 15 ribu, Pakai Daging Rp 20 Ribu, dan pakai kepiting 25 ribu," imbuh Rusli. "Terkadang saya juga ngasih diskon, bagi yang udah jadi pelanggan tetap," tambahnya.

Penasaran dengan rasa Mie Aceh ala Masak Arang ini?? Langsung saja ke Palace Kupie Beurawe-Banda Aceh

No comments:

Post a Comment