Wednesday, May 1, 2013

Tips Hemat BBM dengan Eco Driving

Salah satu cara berkendara yang hemat BBM adalah dengan menerapkan perilaku Eco Driving atau Eco Riding yakni sebuah cara mengemudi yang menghasilkan penghematan konsumsi BBM, pengurangan emisi gas buang, pengurangan polusi suara, menambah umur pakai komponen hingga mengurangi potensi risiko kecelakaan. Berikut beberapa teknik mengemudi yang mampu menghemat bahan bakar.


Memindahkan Gigi Transmisi Sesegera Mungkin
Pindahkan gigi sesegera mungkin! Pindahkan gigi sebelum jarum RPM mencapai angka 2,500 untuk kendaraan berbahan Bensin, RPM 2,000 pada kendaraan diesel.

Menggunakan kecepatan konstan
Jaga agar kendaraan selalu berada pada kecepatan konstan dengan cara menggunakan gigi transmisi tinggi. Ketika berakselerasi energi dari BBM akan menggerakan kendaraan, ini akan terbuang ketika kita melakukan perlambatan apakah dengan mengangkat pedal gas ataupun dengan pedal rem.

Antisipasi Arus Lalu Lintas
Untuk untuk mendapatkan kecepatan konstan sangatlah penting untuk mengantisipasi situasi traffic di muka dengan demikian pengemudi dapat memilih lajur-lajur yang harus dilewati dan mengurangi pengereman-pengereman ataupun akselerasi yang tidak perlu. 

Menikung
Pandangan jauh ke depan lakukan perlambatan sehalus mungkin, jika aman tanpa menggunakan pedal rem gunakan TITO (melebar-mengecil-melebar) dengan demikian faktor reduksi rotasi roda kecil. 

Faktor Aerodinamika
Pemakaian ban dengan permukaan lebar, penempatan rak di atas kendaraan/atau membawa barang di luar kendaraan, membuka kaca pintu pada saat kecepatan tinggi akan mempengaruhi konsumsi BBM.

No comments:

Post a Comment