Sunday, May 5, 2013

Jenis Sarapan yang Berbahaya dan buruk efek sampingnya Bagi Tubuh Kita

  Jenis Sarapan yang Berbahaya dan buruk efek sampingnya Bagi Tubuh Kita :

1.Sarapan Yang Terlalu Banyak Karbohidrat


contoh:
nasi + mie + telor

Di pagi hari (jam 6-7 pagi), karbohidrat simple/sederhana seperti nasi, roti putih, mie, roti panggang akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan tubuh melepaskan insuliln yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat gula darah (karena habis terpakai dalam) darah yang terjadi sekitar jam 10-11 siang dan keinginan untuk makan lebih banyak lagi karbohidrat. Kemudian pada jam 12-13 anda makan siang, gula darah anda kembali naik drastis dikarenakan untuk mencerna nasi maka pankreas terpaksa harus memproduksi insulin lebih banyak lagi. Tubuh kemudian kecapean dan gula darah menurun pada jam 4-5 sore, pada jam ini anda merasa lapar lagi dan ingin ngemil sesuatu yang berlemak tinggi. pada malam hari anda mengkonsumsi nasi lagi dan menyebabkan kadar gula darah naik kembali secara drastis. begitulah seterusnya yang akhirnya menurunkan tingkat metabolisme anda. Sehingga bangun tidur anda terasa pegal atau BAB tidak teratur, dll. kedua hal tersebut adalah beberapa hal akibat turunnya tingkat metabolisme tubuh kita.

Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

2.Tidak sarapan



Saat anda tidak sarapan, gula darah di pagi hari (jam 6-7 pagi) akan turun drastis di bawah normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan tergiur untuk mengkonsumsi karbohidrat simple/sederhana pada jam 9-11 siang, akibatnya level gula darah anda naik drastis. pada jam 12-13 anda makan siang dan gula darah semakin naik. Tubuh mengalami kecapean kerja pada jam 3-4 sore, anda mulai mengantuk dan gula darah anda turun, begitulah seterusnya siklusnya sehingga pada malam hari kadar gula darah anda justru akan menurun. Jika begini, anda akan mudah terbangun dimalam hari dan merasa lapar atau anda bermimpi/tidur tidak nyenyak. Hal ini juga salah satu tanda menurunnya tingkat metabolisme tubuh.

Siklus lapar yang berulang ulang akan membuat jadwal makan anda berantakan dan membuat siklus metabolisme anda berantakan. jika seperti ini rentang penyakit kardiovaskuler dan kegemukan yang diakibatkan sindrom metabolik.

Apa menu sarapan pagi anda....??

-Seporsi Lontong sayur 420 gr (391 Kalori)
-1 buah roti keju 55 gr (186 Kalori)
-Bakwan 100 gr (1 biji) (280 Kalori)
-Udang goreng tepung 1 sendok besar (393 Kalori)
-Gado gado lontong (488 Kalori)
-Nasi rames seporsi (680 Kalori)
-Mi kuah bakso sapi seporsi (303 Kalori)
-Nasi ayam goreng seporsi (572 Kalori)
-Bubur Ketan hitam + santan (408 Kalori)
-Bakpao 1 buah (246 Kalori)
-Nasi rawon (680 Kalori)
-Nasi soto ayam (596 Kalori)


Anda tahu ..... ?? dalam sehari aktifitas umumnya anda hanya butuh 1800 - 2500 kalori saja.
makanan di atas belum termasuk : makan siang + makan malam + ngemil + jajan. coba hitung perkiraan kalori anda dalam sehari...??

Konsep sarapan pagi yang mengenyangkan



Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan :
Protein optimal + Vitamin + mineral + rendah karbohidrat + rendah lemak + cukup air

Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari.
Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang.

Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.

Kriteria Sarapan pagi yang baik:

1. Memenuhi nutrisi penting yang diperlukan tubuh kita di sepanjang hari.2. Memberikan ke tubu kita energi yang baik sepanjang hari.3. Memberikan tubu kita asupan air yang baik.4. Membantu menjaga kadar gula dalam darah kita pada kisaran normal sepanjang hari.5. Memberikan nutrisi yang optimal untuk otak kita.6. Memberikan 'mood' yang baik untuk konsentrasi kerja kita.7. Membantu memberikan tingkat kebugaran organ tubuh kita sepanjang hari.

Cukup sekian semoga bermanfaat..!!!!!!
Goodluck..


Sumber:

No comments:

Post a Comment