Sunday, June 9, 2013

Rakyat Aceh Butuh Modal Usaha, Pemerintah Aceh Harus Upayakan Ada Modal Usaha Untuk Kemajuan Ekonomi Aceh

"Aceh memiliki SDM yang besar untuk pengembangan usaha. Orang Aceh dengan modal sedikit, bisa membuka usahanya sendiri. Apalagi jika motivasi dan didekatkan dengan lembaga keuangan, maka usahanya akan mandiri dan besar," ujar Firmandez

Foto : Ikan Tuna Aceh Yang Siap Di Ekspor Ke Luar Negeri

BANDA ACEH - Kepala Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh Firmandez, meminta Pemerintah Aceh untuk membenahi perekonomian masyarakat. Hal ini menurutnya sangat diperlukan guna meningkatkan kesejanteraan masyarakat dan memperkuat perdamaian Aceh.

Salah satu cara, kata Firmandez, pemerintah memberikan sertifikat gratis kepada seluruh masyarakat, yang memiliki tanah dan kebun.

"Dengan pemberian sertifikat itu, masyarakat bisa mendapatkan modal dari Bank. Itu sama saja pemerintah memberikan uang atau modal ke masyarakat. Sertifikat itu juga bermanfaat untuk masyarakat jika membutuhkan uang mendesak," imbuhnya.

Setelah adanya sertifikat, pemerintah harus mendesak Bank, Koperasi, Pegadaian dan lembaga keuangan lainnya, untuk membuka cabag di sejumlah pelosok desa, agar masyarakat mudah mendapatkan modal usaha.

Selain itu Firmandez menilai, Aceh memiliki Sumber Daya lain yang besar, selain Sumber Daya Alam, yakni Sumber Daya Manusia (SDM).

"Saat ini rakyat Aceh butuh modal untuk mengerakkan usaha dan perekonomiannya. Jadi pemerintah harus mengupayakan ini bagaimanapun caranya," kata Firmandez saat ditemui acehonline.info

"Jika tambang emas, minyak, dan batu bara dia akan habis. Namun jika SDM ini dikembangkan dia akan bertambah banyak, dan melahirkan SDM-SDM yang kuat lainnya," ujar Firmandez.

No comments:

Post a Comment