Thursday, June 6, 2013

Pejabat Filipina Kunjungi Aceh Untuk Belajar & Adopsi Proses Perdamaian Di Aceh

“Kunjungan ini akan memberikan kontribusi untuk mempertahankan dan memperdalam perdamaian di Mindanao dan meningkatkan kualitas politik dan pemerintahan di daerah tersebut Ungkap Christine Beato

Banda Aceh - Sejumlah Pejabat senior Filipina berkunjung ke Aceh sejak hari ini, Kamis, 6 Juni hingga Sabtu, 8 Juni 2013 lusa.

Program kunjungan yang didukung oleh World Bank dan The Asia Foundation ini dihadiri oleh Wakil Menteri Luisito Montalbo (OPAPP), Christine Beato (OPAPP), dan beberapa perwakilan Bangsamoro lainnya sebanyak 12 orang, termasuk anggota Satuan Tugas Pemerintah Filipina untuk Pembangunan di Bangsamoro, Satuan Tugas Sajahatra Bangsamoro dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF), dan perwakilan dari unsur pejabat pemerintah dan militer.

Kegiatan temu dua kelompok masyarakat berbeda budaya bertujuan untuk saling berdiskusi dan bertukar pengalaman mengenai topik-topik penting seperti: bantuan pembangunan ke daerah-daerah yang terkena dampak konflik, kerjasama sipil-militer selama transisi, dan memahami penduduk yang terkena dampak konflik.

Selama kunjungan para pejabat senior Filipina tersebut akan bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Pemerintahan Provinsi Aceh, Wali kota dan Wakil Walikota Banda Aceh, para pejabat daerah, pemimpin dan anggota partai lokal, Civil Society, Akademisi, anggota Lembaga Swadaya Masyarakat, lembaga think thank dan juga jurnalis.

Program kunjungan yang berlangsung selama tiga hari ini difasilitasi oleh ICAIOS (International Center for Aceh and Indian Ocean Studies)

No comments:

Post a Comment