Tuesday, May 14, 2013

Bunyi Bahasa Aceh

Bunyi bahasa merupakan bunyi-bunyi yang keluar dari hidung dan mulut ketika dilafalkan, dan jika dituliskan berwujud huruf-huruf.

Setiap bahasa di dunia ini memiliki keunikan bunyi bahasa.
Meski demikian, keunikan bunyi-bunyi tersebut untuk semua bahasa di dunia secara umum dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis: vokal dan konsonan.

Bahasa Aceh sebagai salah satu bahasa Austronesia juga memiliki vokal dan konsonan. Namun tak seperti bahasa Jepang dan Rusia, bahasa Aceh memiliki dua jenis bunyi bahasa itu dalam jumlah yang banyak. Selain itu, adanya vokal tunggal, vokal rangkap, konsonan tunggal, konsonan rangkap dalam bahasa Aceh semakin memperlihatkan keunikan bahasa Aceh.

Bahasa Aceh mempunyai 17 vokal tunggal dengan rincian: 10 vokal dihasilkan melalui mulut, dan 7 vokal melalui hidung. Vokal yang dihasilkan melalui mulut disebut vokal oral, sedangkan lewat hidung dinamakan vokal nasal.

Kesepuluh vokal tunggal oral dalam bahasa Aceh adalah a, i, e, è, é, eu, o, ô, ö, dan u. Vokal ini dapat dilihat penggunaannya dalam kata-kata berikut: aduen ‘abang’, iku ‘ekor’, beuhe ‘berani’, eu ‘lihat’, padé ‘padi’, mugè ‘tengkulak’, boh ‘buah’, ôn ‘daun’, bôkbang ‘gelisah’, böh ‘buang’, u ‘kelapa’.

Tujuh vokal lainnya yang dihasilkan melalui hidung adalah ‘a, ‘i, ‘è, ‘eu, ‘o, ‘ö, dan ‘u. Vokal-vokal ini dapat dilihat dalam kata-kata seperti pa’ak ‘nama jenis ikan’, sa’i ‘mengurung diri’, la’èh ‘lemah’, ‘eu ‘ya’, kh‘op ‘bau busuk’, ph’öt ‘bunyi padam api’, ôn ‘u ‘daun kelapa keriting’.

Selanjutnya ihwal vokal rangkap, bahasa Aceh punya 17 vokal rangkap. Sama halnya dengan vokal tunggal, vokal rangkap dibagi dua golongan, yaitu vokal rangkap yang berakhir dengan e dan yang berakhir dengan i. Selain itu, vokal rangkap dapat dipilah atas vokal rangkap oral (12 buah) dan vokal rangkap nasal (5 buah).

Vokal rangkap yang berakhir dengan e ada 10 buah: ie, èe, eue, oe, öe, ue, ‘ie, ‘èe, ‘eue, dan ‘ue. Vokal rangkap yang berakhir dengan i ada 7 buah: ai, ‘ai, ei, oi, ôi, öi, dan ui.

Penggunaan ketujuh belas vokal rangkap itu dalam bahasa Aceh dapat dilihat seperti pada kata ie ‘air’, batèe ‘batu’, èelia ‘aulia’, eue ‘lapang’, leuek ‘balam’, adoe ‘adik’, bloe ‘beli’, lagöe ‘yang dipakai untuk hal-hal yang mengejutkan’, ue ‘tersumbat’, bruek ‘tempurung’, p’iep ‘hisap’, ch’iep penyot, kempis’, èerat ‘aurat’, ‘eue ‘merangkak’, ‘uet ‘telan’, s’uep ‘paru’, gatai ‘gatal’, kai ‘muk’, hei ‘panggil’, boinah ‘kekayaan, harta’, bhôi ‘kue bolu’, lagöina ‘sangat’, bui ‘babi, reului ‘teduh’.



No comments:

Post a Comment