Tuesday, May 14, 2013

Salah Satu Penyebab Banjir Di Aceh Adalah Akibat Curah Hujan Yang Sangat Tinggi

Foto : Siswa SD Di Nagan Raya Pergi Mengikuti UN 2013 Dengan Boat

“Penyebab banjir bisa saja akibat curah hujan yang tinggi saat ini sehingga sungai tidak mampu menampung debit air. Selain itu akibat pendangkalan dan penyempitan sungai. Ketika sungai dangkal, debit air yang mengalir dari hulu tinggi, sungai tidak mampu menampung, maka terjadi luapan,” kata Husaini Syamaun kepada ATJEHPOSTcom, Selasa, 14 Mei 2013.

Banda Aceh - Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Husaini Syamaun mengatakan terjadinya banjir tidak serta merta akibat lingkungan hutan yang rusak. Beberapa faktor lainnya juga menjadi penyebab air sungai meluap seperti di kawasan pantai Barat Selatan Aceh saat ini.

Fakor lain yang memicu terjadinya banjir, kata Husaini, bisa saja disebabkan oleh penambangan liar, contonya penambangan liar di kawasan Geumpang, Pidie.

Menurut Husaini, banjir melanda kawasan pantai Barat Selatan Aceh juga bisa disebabkan lingkungan daerah tersebut rendah. Misalnya, kata dia kawasan Singkil yang merupakan daerah rawa sehingga rentan terjadinya banjir.

Husaini mengakui kerusakan hutan di kawasan Daerah Aliran Sungai atau DAS juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya banjir. Pasalnya, ketika curah hujan tinggi, hutan tidak mampu menampung air. Selain itu terjadi erosi di pinggiran sungai sehingga memicu banjir.

Namun, Husaini menilai saat ini laju kerusakan hutan di Aceh seperti kawasan DAS Geumpang Pidie tidak terlalu tinggi, meski diakui masih terjadi pembalakan liar. “Kalau kita lihat kawasan hutan di Aceh masih bagus, meski pembalakan liar masih terjadi, namun sudah mampu kita tekan,” ujarnya.

Kata dia, pihaknya dari Dinas Kehutanan Aceh juga telah melakukan beberapa tahapan seperti mempersempit izin dalam pemanfaatan kawasan hutan. “Kita juga terus melakukan sosialisasi di tengah masyarakat agar tidak dilakukan penebangan liar, meski penebangan liar tidak bisa kita hentikan dengan serta merta,” kata Husaini.

Husaini mengakui sulit mecegah terjadinya pembalakan liar selama ini lanataran dibekingi oleh sejumlah oknum tertentu dan masyarakat sekitar yang menjadi pekerja.

No comments:

Post a Comment