Monday, May 20, 2013

Puasa Rajab Berikan Banyak Manfaat dan Pahala Yang Berlipat Ganda

- Berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, bahwa: "Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat sungai yang disebut sungai Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan lebih manis daripada madu. Barang siapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, Allah akan memberinya minum dari sungai itu."

BULAN Rajab telah tiba, yaitu bulan ketujuh dalam penanggalan Islam, dan dua bulan menjelang bulan suci Ramadhan. Sebagaimana diketahui, bulan Rajab termasuk dalam bulan haram yang memiliki kemuliaan daripada bulan-bulan lainnya.

Meski hadits di atas dianggap dha'if (berstatus kurang kuat) bagi sebagian ulama, namun hadits tersebut masih bisa digunakan untuk memotivasi diri sendiri dalam memperbanyak ibadah di bulan Rajab ini, salah satunya adalah dengan puasa Rajab.

Selain sebagai bentuk ibadah dan menambah amalan di bulan Rajab, berpuasa juga bisa memberikan Anda berbagai manfaat kesehatan. Manfaat yang utama adalah untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Selama berpuasa sistem pencernaan akan beristirahat, sehingga tubuh bisa kembali fokus untuk menyembuhkan, memperkuat, dan memperbaiki organ internal, serta menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, para ahli kesehatan juga menyebutkan berbagai manfaat puasa seperti memperbaiki kualitas tidur, sistem pencernaan, mengurangi rasa cemas, meningkatkan sistem imun, serta menjaga kesehatan mulut dan gigi. Bahkan kabarnya, puasa secara teratur juga bisa memperpanjang usia manusia.

Penelitian terbaru bahkan menyebutkan bahwa berpuasa dua kali seminggu bisa menyehatkan jantung. Menurut peneliti, ketika seseorang berpuasa tubuhnya akan secara alami membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan zat kimia penyebab stres.

Nah, jadi jangan takut untuk melakukan puasa Rajab. Selama diniatkan untuk beribadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT, berpuasa tentu bisa memberikan banyak berkah dan manfaat. Selain berpuasa, di bulan Rajab yang termasuk bulan haram ini sebaiknya Anda juga memperbanyak amalan seperti berdoa, memperbanyak shalawat, serta banyak bertaubat.

No comments:

Post a Comment