Tuesday, May 7, 2013

Walikota Negara Bagian Swedia (Harapanda) Kunjungi Sabang

Walikota Negara Bagian Swedia (Harapanda) Kunjungi Sabang Untuk Kerjasama Pariwisata Dan Budaya

- “Kita harapkan, kerja sama ini akan membantu meningkatkan perekonomian kedua belah pihak,” ujar Wallikota Sabang Zulkifli H. Adam, 

Foto : Mrs. Gunnel dan Walikota Sabang Zulkifli Adam

Sabang – Walikota distrik Haparanda negara bagian Swedia Mrs. Gunnel, tiba di Sabang bersama rombongan, Senin (06/05/2013). Direncanakan Walikota Harapanda akan berada di Pulau Weh hingga 11 Mei mendatang.

Walikota Sabang Zulkifli H. Adam, menyambut baik kunjungan dari salah satu Walikota di Swedia itu. Kepada wartawan Zulkifli menyebutkan, kunjungan Gunnel itu dalam rangka wacana kerja sama antara Pemerintah Sabang dengan Pemerintah Harapanda, yang akan menitikberatkan pada sektor pariwisata dan budaya.
“Kita harapkan, kerja sama ini akan membantu meningkatkan perekonomian kedua belah pihak,” ujar Wallikota Sabang.

Menurut Zulkifli, program kerja sama itu difasilitasi oleh Swedish International Centre for Local Democracy (ICLD), dan akan didanai oleh Swedish International Development Cooperation Agency (SIDA).

Sabang sendiri dijadwalkan berkunjung ke Kota Haparanda Swedia, pada bulan Agustus 2013 mendatang.

“Tujuan kunjungan masing masing adalah studi kelayakan, sekaligus memastikan kerjasama bisa tepat sasaran,” imbuh Walikota.

Menurut Zulkifli, selanjutnya akan dilakukan penandatangan kerjasama antara Sabang dan Harapanda. Diharapakan, tahun 2014 mendatang, kerja sama tersebut sudah dapat diimplementasikan.

Dalam mewujudkan rencana itu terang Zulkifli, masing masing pihak menunjuk penanggub jawab, Sabang akan menunjuk M. Ali Taufik, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai penggung jawab program. Dibantu Program Manager Mr. Zikrun Modi, yang merupakan seorang ahli perdagangan dan investasi dari Jerman untuk Walikota Sabang. Sedangkan Kota Harapanda akan dipimpin oleh Mr. Petri Suopanki, EU Project Advisor untuk Kota Haparanda.

“Kerjasama ini fokus pada langkah kongkrit meningkatkan kunjungan turis ke Sabang. Kita akan menyiapkan suasana wisata aman nyaman, dan pastinya akan mengadakan sejumlah kegiatan pariwisata di Sabang, untuk menarik minat dan memberi kesan bagi pengunjung,” tambah Zulkifli.

No comments:

Post a Comment