Thursday, May 9, 2013

SABANG MULAI GANDENG SWEDIA KELOLA PARIWISATA

Banda Aceh - Kota Sabang akan menjalin kerjasama membangun pariwisata dengan Kota Haparanda, Swedia. Menjajaki hal itu, Wali Kota Haparand, Swedia, Gunnel Simu berkunjung ke pulau Sabang yang terkenal dengan keindahan wisata baharinya.

Humas Kota Sabang Irwansyah, Selasa 7 Mei 2013, mengatakan Gunnel Simu tiba di Sabang pada 6 Mei beserta rombongannya, Raija Karlander (Pemimpin Lokal Partai Tengah, Swedia) Daniel Folldin, Tourism Manager pada Business Development Unit Haparanda dan Petri Suopanki, EU Project Advisor pada Business Development Unit Haparanda (Tillvoxtenheten). "Kerjasama di bidang promosi dan pengelolaan dunia pariwisata," ujarnya.

Menurutnya dalam membangun kerjasama, kedua kota mengirimkan empat orang perwakilan untuk saling berkunjung ke kota masing-masing. Dengan demikian, akan ada empat perwakilan dari Pemko Sabang nantinya akan balik berkunjung ke kota Haparanda, pada Agustus 2013 mendatang. "Pada 2014 adalah masa implementasi dari program kerjasama Internasional ini berlangsng," ujar Irwansyah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Muhammad Ali Taufik mengatakan kerjasama ini lebih difokuskan pada langkah-langkah konkrit membuat para turis yang menikmati keindahan Sabang. "Menciptakan berbagai kegiatan wisata dan pengembangan tempat- tempat potensial pariwisata."

Kerjasama internasional ini juga akan memungkinkan Sabang dan Haparanda aktif dalam seminar- seminar Internasional dalam berbagai bidang kerjasama. Diharapkan Sabang akan dapat belajar banyak dari Kota Haparanda bagaimana mereka mampu mengembangkan dunia pariwisata, perdagangan dan membangun pemerintahan ke arah yang lebih baik.

Selama di Sabang, Gunnel Simu bertemu dengan pemerintah dan anggota parlemen. Dia juga mengunjungi objek wisata, home industry, pasar tradisional dan pelabuhan Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS) yang biasa disinggahi kapal pesiar dari luar negeri.

Haparanda adalah sebuah kota yang indah di Norrbotten yang berlokasi di wilayah paling utara Swedia. Kota ini bersebelahan dengan Kota Tornio di Finlandia yang dipisahkan hanya oleh sebuah sungai yang bernama Torne river. Haparanda juga menjadi kota perdagangan di Swedia, yang berhasil menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia.

selengkapnya di : e-berita.net/index.php/e-bisnis/peluang-usaha/1045-sabang-mulai-gandeng-swedia-kelola-pariwisata

No comments:

Post a Comment