Saturday, May 11, 2013

Hobi Menyenangkan Dan Menyehatkan

Tentunya sebagai manusia yang normal kita masing-masing individu mempunyai hobi sendiri-sendiri. Hanya saja tidak semua hobi yang kita sukai akan memberikan dampak positif untuk kesehatan kita. Untuk itulah pentinganya kita untuk mengenali akan berbagai macam hobi bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita juga. Sehingga selain menyenangkan hal ini akan bisa meningkatkan kebugaran dalam tubuh kita juga dan mencegah datangnya sumber-sumber dan jenis penyakit juga tentunya.

Yang dimaksud dengan pengertian hobi adalah merupakan suatu kegiatan yang sifatnya rekreasi dan dilakukan dalam masa waktu yang luang yang dalam hal ini bisa memberikan manfaat yang berupa ketenangan dalam pikiran dan juga melepas ketegangan, kepenatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Bermacam-macam bentuk hobi yang menyenangkan bisa kita temui. Seperti halnya hobi memancing, hobi memasak, hobi olahraga, hobi berenang, hobi menonton bola, dan hobi-hobi lainnya. Bisa juga hobi berselancar dalam dunia maya, menulis blog dan lain sebagainya. Ada juga hobi yang merusak kesehatan. Contohnya merokok, menggunakan narkoba dan yang merusak kesehatan lainnya.

Hobi Yang Menyenangkan Dan Menyehatkan

Ada beberapa kegiatan yang meningkatkan menjaga kesehatan yang perlu juga kita ketahui dan praktekkan bila kita menginginkan kesehatan senantiasa mengiringi langkah kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa daftar hobi menyenangkan dan menyehatkan yaitu :

1. Berenang.
Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita menjalankan kegemaran dalam berenang ini. Suasana dalam air bisa mengurangi banyak stressor yang terjadi pada diri kita baik yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga, atau pun yang berhubungan dengan pekerjaan kita.

2. Bersepeda.
Apalagi bila aktifitas bersepeda ini dilakukan dengan seluruh anggota keluarga tentu akan lebih menyenangkan dan menggembirakan sekaligus mempererat tali kasih sayang diantara anggota keluarga satu sama lainnya. Dan hal ini bisa dilakukan ketika hari libur sehingga bisa diikuti oelh seluruh keluarga. Bersepeda adalah cara yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Berkebun.
Menanam bibit di kebun yang tidak begitu luas bisa di depan rumah atau di halaman belakang rumah adalah bukan hanya bisa membantu dalam memenuhi keperluan bahan masakan rumah tangga saja. Hobi berkebun ini juga terbilang menyehatkan. Meskipun melelahkan, berkebun yang dilakukan secara rutin mampu menghilangkan kalori karena tubuh yang aktif bergerak. Berkebun sayuran atau buah juga akan menjadi lahan nutrisi yang diperlukan bagi anggota keluarga lainnya.

Itu adalah beberapa hobi yang turut membantu dlam menjaga kesehatan dan juga menyenangkan. Hobi dikatakan menyenangkan karena merupakan salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan batin untuk melepaskan diri dari kejenuhan dan kelelahan, karenanya dalam menjalankan hobi yang terpenting adalah tercapainya rasa senang dan kepuasan batin bagi pelakunya.

Melakukan hobi yang dinikmati dapat membuat pelakunya lebih rileks. Menjalankan hobi menjadi sarana rekreasi alami bagi otak. Pikiran yang tegang diberi kesempatan untuk beristirahat sebelum bersiap kembali menghadapi kesibukan sehari-hari, dan kelelahan fisik pun 'disuntik' dengan semangat baru. Tidak lupa mereka yang memang hobinya melakukan olahraga tertentu, tentu saja merupakan hobi yang menyehatkan.

Ada juga hobi yang menghasilkan. Tidak sedikit yang memulai bisnis dari hobi. Mereka yang senang memasak dan membuat kue, mengembangkannya lebih jauh dengan membuka katering atau toko roti. Yang senang berkarya membuat kerajinan tangan, mulai menerima pesanan dan memasarkan hasil karyanya.

Mengerjakan suatu pekerjaan yang dilandasi dengan kesenangan, akan membuat kita lebih menikmati pekerjaan tersebut, lebih tekun, ikhlas, dan bersemangat untuk menghasilkan yang terbaik. Melakukan sesuatu yang kita sukai kemudian mendapatkan imbalan darinya, Tentunya kita menginginkan akan hal tersebut.

Pada akhirnya semua kembali kepada pilihan kita masing-masing, sebab tidak semua orang beruntung memiliki hobi, atau memiliki hobi yang berpotensi menghasilkan uang. Banyak orang yang tertunda membuka usaha sebab masih bingung menentukan bidang usaha yang diminati. Tetapi bukan berarti jika tidak mempunyai hobi, kemudian tertutup kemungkinan membuka usaha, sebab banyak sumber ide bisnis lainnya yang bisa kita coba lakukan.

No comments:

Post a Comment