Monday, May 13, 2013

Inilah Harga Baru Premium Dan Solar Yang Di Prediksikan Harganya Akan Naik Juli 2013 Ini

- Pemerintah Pusat mengungkapkan soal rencana kenaikan harga BBM subsidi. Harga bensin premium akan naik menjadi Rp 6.500/liter, dan solar harganya menjadi Rp 5.500/liter.

Jakarta - Berikut Skema Kenaikan Harga BBM Bersubsidi, "Iya, premium (naiknya) Rp 2.000, solar (naiknya) Rp 1.000," ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alishjabana saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2013)

Armida menuturkan, finalisasi terkait kenaikan harga BBM subsidi akan dibahas dalam Sidang Kabinet Terbatas yang dipimpin oleh Presiden SBY. Kemudian baru diserahkan ke DPR RI dalam bentuk RAPBN Perubahan 2013.

"Nanti persisnya besok ya. kan ini masih finalisasi pemerintah baru nanti dibahas lagi di DPR," ujar Armida.

Salah satu finalisasi yang ikut dibahas adalah kompensasi akibat kenaikan BBM bersubsidi kepada rakyat miskin. Salah satunya adalah bantuan langsung tunai (BLT) yang namanya menjadi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

"Berapa-berapanya besok ya, tapi intinya penguatan yang ada itu kan sudah bolak balik diceritain. PKH (program keluarga harapan), Raskin (beras miskin), BSM (beasiswa miskin), lalu program khususnya BLSM 5 bulan Rp 150 ribu, rumah tangga sasarannya 15,5 juta, kemudian infrastruktur pedesaan," kata Armida.

Kenaikan harga BBM subsidi ini targetnya dilakukan awal Juni 2013, bila pembahasan RAPBN-P 2013 telah disahkan oleh DPR. Harga bensin premium dan solar subsidi memang akan berbeda, karena solar masih digunakan nelayan.

No comments:

Post a Comment