Tuesday, May 14, 2013

Harga BBM Naik 2013

BBM naik pada tahun 2013 ini telah dipastikan. Karena setelah Pemerintah mengadakan rapat koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Besaran kenaikan harga BBM ini diperkirakan sebesar Rp. 1000 sampai dengan Rp. 2000. Dan harga premium akan lebih besar daripada harga solar. Karena Pemerintah menganggap bahwa solar lebih banyak diperlukan untuk kepentingan rakyat kecil semacam nelayan yang menggunakan bahan bakar minyak jenis solar ini.

Jero Wacik selaku Menteri Sumber Daya Alam dan Energi mengungkapkan bahwa rencana kenaikan harga BBM belakangan ini yang akan ada dua opsi harga premium yaitu Rp 6.500 per liter untuk mobil pribadi dan motor dengan harga premium Rp 4.500 per liter dipastikan akan batal dan berubah.

"Harga premium (bensin) dan solar dipisahkan. Solar menyangkut nelayan, tentu akan lebih murah daripada premium," kata Jero Wacik di Istana Negara, Jakarta, Senin 13 Mei 2013. Tentunya kepastian harga BBM naik ini menunggu dari RAPBN-Perubahan 2013 disahkan oleh DPR dan juga Kepres (Keputusan Presiden) ditanda tangani oleh Presiden SBY.

Harga BBM Naik 2013

Rencana kenaikan harga BBM 2013 ini adalah untuk harga solar akan berkisar pada harga Rp 5.000 sedangkan untuk harga premium akan mengalami kenaikan sampai dengan harga Rp. 6.000. Tujuan kenaikan harga bahan bakar minyak ini adalah untuk mengurangi beban anggaran belanja negara yang telah banyak membengkak.

Menteri ESDM Jero Wacik, seusai mendampingi Presiden SBY dalam rapat konsultasi dengan pimpinan DPR, di Kantor Presiden, Senin (13/5) pagi kembali mengatakan bahwa :"Mengenai kenaikan BBM sudah tidak ada yang ragu, tidak ada yang tidak setuju. Sudah oke semua. Tinggal sekarang ini, karena akan berefek pada anggaran, maka akan diajukan dalam APBN-P 2013 nanti".

Ketua DPR-RI Marzuki Alie dalam keterangan pers setelah rapat dengan mengatakan :"Pemerintah mengharapkan kepada DPR untuk membahas dengan segera. Kalau sesuai ketentuan, selama 1 bulan. (Tapi) pemerintah mengharapkan bisa diselesaikan dalam tiga minggu sehingga awal Juni sudah bisa disahkan." Sehingga sepertinya DPR juga telah menyetujui akan harga BBM akan naik pada tahun 2013 ini.

Terkait rencana pembatasan BBM subsidi untuk sepeda motor, mobil pribadi, dan angkutan umum menggunakan sistem monitoring pengendalian berbasis teknologi informasi melalui RFID, Jero Wacik memastikan pada Juli 2013 siap diberlakukan pada SPBU-SPBU yang telah disiapkan untuk program ini.

Lalu bagaimana dengan dampak kenaikan harga BBM ini bagi masyarakat. Tentunya bagi masyarakat dengan ekonomi kecil akan mengalami beban yang bertambah. Belum lagi inflasi akan semakin naik pasca pemerintah nantinya mengumumkan kenaikan harga BBM ini secara resmi. Lalu bagaimana tanggapan kawan-kawan semua mengenai berita kenikan harga BBM di tahun 2013 ini...

No comments:

Post a Comment