Saturday, May 18, 2013

Bahan Baku Semen Di Pidie Untuk Bisa Beroperasi Untuk 200 Tahun Ke Depan

" Juga Baik pada masa konstruksi ataupun setelah berdiri nanti kita akan menggunakan tenaga skil putra-putri Aceh untuk bekerja disana," katanya.

Foto : Ilustrasi Pabrik Semen

Banda Aceh - Deposit bahan baku untuk semen di Pidie bisa bertahan hingga 200 tahun mendatang. Hal ini disampaikan Advisor Divisi Pengembangan Perusahaan PT Semen Indonesia, Mawardinoor Mahmud, usai menggelar pertemuan dengan Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Jumat, 17 Mei 2013.

Hadir dalam pertemuan di Pendopo Gubernur Aceh dan Kantor DPRA itu, Direksi PT Semen Indonesia, Suharto dan Erizal serta perwakilan PT Samana Citra Agung.

Pabrik semen tersebut, kata dia, akan dibangun di atas lahan milik PT Samana Citra Agung di Pidie. Pemerintah Aceh dalam hubungan kerjasama ini, kata dia, hanya perlu menyediakan bantuan infrastruktur.

Seperti adanya jalan dan jembatan menuju lokasi pabrik. Sedangkan PT Semen Indonesia, selain akan membangun pelabuhan juga akan membangun sarana pendukung lainnya seperti perumahan bagi pegawai, kantor dan lainnya.

Pembangunan pabrik semen, kata dia, juga membantu Pemerintah Aceh dalam mengatasi masalah pengangguran. Sebab, PT Semen Indonesia akan memamfaatkan putra-putri Aceh untuk bekerja di pabrik itu.

"Setelah kita cek, deposit bahan baku untuk semen di Pidie bisa bertahan sampai 200 tahun ke depan. Kita hanya perlu mendatangkan batu bara dan gypsum untuk mendukung bahan pembuat semen. Maka lahan yang ada sekarang itu cukup potensial untuk pembangunan pabrik, " ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, PT Semen Indonesia merencanakan pembangunan pabrik semen di Aceh awal tahun 2014 mendatang. Nilai investasi atas pembangunan pabrik mencapai Rp3 trilliun hingga Rp3,5 triliun.

No comments:

Post a Comment