Thursday, April 25, 2013

Kita Tidak Perlu Lagi Jual Pisang Sale Lagi





Gubernur Aceh : Kedepan Kita Tidak Perlu Lagi Jual Pisang Sale Lagi, Karena Orang Aceh Nantinya Rata-rata Tingkat Kesejahteraannya Tinggi.

* Dengan adanya proyek pipanisasi gas sepanjang 320 km, diharapkan pemerintah daerah tidak lagi menjual pisang sale, namun yang perlu dipikirkan adalah membangun industri makanan yang lebih bergengsi seperti yogurt," katanya.

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, dengan
akan dibangunnya proyek pipanisasi gas sepanjang 320 km, dari Arun hingga ke Sicanang, Sumatera Utara, diharapkan kedepan akan lahir berbagai cluster industri di sepanjang jalur pipa tersebut.

Ia melanjutkan, selama ini yang diketahui kawasan Lhok Nibong, Alue Ie Puteh, dan Langkahan adalah pusat tanaman pisang di Aceh Utara. "Nah selama ini produk pisang tersebut sebagian masih digunakan untuk membuat pisang sale, untuk kedepan dengan adanya pipanisasi gas, semua harus berpikir untuk meningkatkan nilai tambah produksi pisang, dengan tidak lagi membuat pisang sale saja," ujar Gubernur.

Untuk itu, tukas Gubernur, saya meminta kepada bupati di kawasan sepanjang pipanisasi gas Arun-Sumut untuk mulai berpikir dan merencanakan industri apa yang dapat dioptimalkan dengan keberadaan gas tersebut. "Berpikirlah industri apa yang ingin dikembangkan dan dibangun di daerah anda, karena tahun depan proyek pipanisasi akan selesai, dan gas akan dialirkan," tukasnya.

Ia mengharapkan, dengan komoditas pertanian yang besar seperti pisang di Aceh Utara, akan lahir berbagai industri pengolah pisang, apakah minyak pisang, tepung pisang dan atau sebagainya. "Saya berharap di Aceh Utara lahir industri makan berbasis manufaktur atau food industries," sebut Gubernur.

No comments:

Post a Comment