Sunday, February 3, 2013

Cara Cerdas Menggendarai Mobil Transmisi Matik (Bag.1)

Dengan kondisi jalan penuh kemacetan seperti sekarang, pilihan logis saat berkendara adalah menggunakan transmisi matik. Dengan bantuannya, Anda tak perlu repot menaik-turunkan posisi gigi. Cukup injak pedal gas dan rem, dan Anda bisa fokus ke jalan.
Meski begitu, Anda tidak bisa memperlakukannya seenaknya. Mekanisme dalam transmisi ini membutuhkan perlakuan yang bijaksana agar usia pakainya bisa bertahan lama. Selain itu, kehati-hatian memakai juga terkait kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Hindari perilaku berikut saat mengendarai mobil matik:

Tidak memindahkan tuas ke N
Ketika berhenti lama di di lampu merah, kita kerap lupa memindahkan tuas transmisi ke N. Kondisi ini membuat mesin dan transmisi jadi terhubung. Anda pun harus terus menginjak pedal rem untuk menahan laju mobil.

Kerugian pertama ada pada oli transmisi. Karena terhubung, ia akan terus berputar di dalam torque converter. Ditambah suplai udara terbatas, pelumas akan bekerja dalam kondisi berat dan berisiko mengurangi usia pakainya. 
Otomatis pula konsumsi BBM meningkat lantaran mesin terus bekerja menyuplai tenaga. Dan yang pasti, usia pakai kampas rem turut berkurang karena sering diaktifkan.

Langsung jalan saat tuas di D
Karena ingin cepat, kita sering langsung tancap gas begitu tuas dipindahlan ke D. Padahal transmisi butuh waktu untuk menghubungkan diri ke mesin. Hal ini terkait dengan aliran oli transmisi yang bertugas menggerakkan torque converter.

Bila kebiasaan ini sering dilakukan, maka katup selenoid di dalam transmisi bisa rusak. Tunggu beberapa saat sampai terasa mesin terhubung dengan transmisi, baru jalankan mobil perlahan.

Jangan mengerem dengan kaki kiri
Enaknya transmisi matik adalah kaki kiri Anda tidak perlu bekerja. Biarkanlah itu terjadi dan jangan mencoba menginjak pedal rem dengan kaki kiri.

Secara natural, kaki kanan terlatih untuk menekan pedal rem secara baik. Sehingga, besar tekanan yang diberikan dapat terukur sesuai kebutuhan. Sedangkan kaki kiri tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Tanpa sadar Anda justru melakukan pengereman mendadak.

 Jangan di P saat parkir paralel
Karena terbiasa, Anda memposisikan tuas di P saat parkir paralel. Walau tuas rem tangan tidak diaktifkan, mobil tidak bisa didorong dan mengganggu mobil lain yang parkir. Pelajari cara menetralkan transmisi supaya bisa aman parkir paralel.

Beberapa mobil bisa dimatikan mesinnya saat di N. Beberapa bisa langsung dipindahkan dari P ke N setelah mesin dimatikan. Atau cukup dengan menekan tombol di tuas transmisi. Lainnya menggunakan shift lock. Masukkan anak kunci ke dalam shift lock, putar, pindahkan tuas ke N, dan lepas kunci.

Biasakan menginjak rem saat menyalakan mesin
Karena ingin cepat, Anda langsung menyalakan mesin tanpa melihat posisi tuas transmisi. Bisa fatal jika tuas berada di D atau R. Biasakan menginjak rem sebagai langkah pencegahan. Bahkan beberapa jenis mobil mengharuskan kita menginjak pedal rem saat menyalakan mesin.

bersambung.....

Saturday, February 2, 2013

Hindari Makanan Ini Ketika Sedang Mengemudi

Lembaga Administrasi Nasional Keselamatan Lalu Lintas di Amerika Serikat (NTSA) menyimpulkan bahwa orang-orang yang memilih untuk makan dan minum ketika mengemudi meningkatkan 80% kemungkinan mereka untuk dapat mengalami kecelakaan. Lembaga itu juga melaporkan bahwa 65% dari tipe pengemudi seperti ini sering mengalami kecelakaan yang nyaris terjadi.
Ketika fokus pengemudi di jalan teralihkan oleh makanan atau minuman, keterampilan mengemudi mereka dan daya reaksi mereka berkurang ketika dihadapkan dengan situasi yang memerlukan refleks cepat untuk menghindari insiden.

Meskipun Anda pasti akan makan dan minum saat mengemudi, ada beberapa makanan dan minuman yang benar-benar harus Anda hindari ketika sedang menyetir.

1. Minuman panas yang harus dibuka tutup kemasannya terlebih dahulu.
2. Makanan seperti hotdog atau burger yang dapat tumpah.
3. Makanan berminyak seperti ayam goreng yang membuat tangan Anda berminyak
4. Makanan lengket seperti es krim yang akan mungkin akan membuat anda menjilati jari-jari Anda ketika menetes.
5. Minuman berkarbonasi tinggi yang busa karbonasinya yang meleleh dapat menggangu fokus penglihatan Anda.
6. Makanan lembek seperti cokelat yang akan membuat jari-jari dan kemudi anda licin.
7. Makanan seperti donat dengan topping yang bisa berceceran.

Friday, February 1, 2013

Cara Mudah Rawat Pintu Geser Mobil


Mobil dengan pintu geser semakin banyak saat ini. Mulai dari tingkat bawah sampai premium. Untuk membukanya, ada yang masih manual, ada pula hanya tinggal pencet tombol alias "power door". Agar tetap lancar dibuka-tutup, perawatan juga harus diberikan. Berikut  perawatan mobil yang menggunakan pintu geser:
Bersihkan rel dengan kuas kering yang bersih kemudian lakukan pada rel di bodi mobil dengan pintu ditutup. Semprotkan degreaser semisal WD40 untuk melarutkan kotoran dan sisa gemuk  yang sudah kotor.

Setelah itu, usap bagian yang telah disemprot dengan lap bersih. Lumuri kembali rel dengan gemuk. Jangan terlalu banyak, tipis saja. Kalau terlalu banyak atau tebal, kotoran dan debu mudah terperangkap. Cara  yang sama juga dilakukan untuk melumasi rel di bagian bawah (dekat pijakan kaki) dan dilakukan saat pintu dibuka habis.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar pintu geser tidak cepat rusak adalah:
1. Jangan memaksa atau mempercepat laju pintu geser saat sedang aktif.
2. Usahakan tidak terlalu sering menggunakan model otomatis ketika mesin mati karena akan membuat aki cepat tekor.
3. Untuk pintu otomatis, dibuka dengan menekan tombol atau menarik pegangan. Namun saat menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang.
4. Untuk manual, pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak atau bisa menutup dengan mantap.

Info Pendaftaran Tenaga Kesehatan Haji 2013

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah membuka lowongan penerimaan pendaftaran tenaga kesehatan haji untuk tahun 2013 ini. Bagi kawan-kawan yang bekerja dalam bidang kesehatan dan ingin mencoba mendaftar sebagai tenaga kesehatan haji 2013 ini dipersilakan untuk membaca artikel ini.

Formasi yang dibutuhkan untuk rekrutmen tenaga kesehatan haji 2013 ini diantaranya yaitu dokter umum, Dokter Spesialis, Perawat, Analisis Kesehatan, Rekam medis, Radiografer (radiologi), Tehnik elektromedik, Nutrisionis, tenaga farmasi, dan juga sanitasi suveilans.

Pendaftaran tenaga kesehatan haji tahun 2013 1434 H, info penerimaan TKHI PPIH tahun 2013 1434 H

Berikut info penerimaan pendaftaran tenaga kesehatan haji Indonesia Tahun 2013 1434 H :

PENGUMUMAN PENERIMAAN PETUGAS KESEHATAN
HAJI INDONESIA TAHUN 2013 M/1434 H

KEMENTERIAN KESEHATAN RI MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM, UNTUK MENJADI PETUGAS KESEHATAN HAJI INDONESIA TAHUN 2013 M/1434 H.

Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia yang beragama Islam.
  2. Pegawai Negeri (PNS/TNI/POLRI) atau pegawai tetap di Rumah Sakit/Klinik swasta.
  3. Bagi pendaftar yang bekerja di Rumah Sakit/Klinik Swasta, melampirkan surat izin operasional Rumah Sakit/Klinik Swasta.
  4. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan Ijazah.
  5. Berusia maksimal 55 tahun.
  6. Berbadan sehat dan khusus wanita tidak dalam keadaan hamil, berdasarkan hasil medical check up.
  7. Berpengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 tahun pada tempat yang sama dan dibuktikan dengan SK penempatan atau SPMT, dan surat pernyataan pengalaman bekerja dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi.
  8. Mendapat persetujuan secara tertulis dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi
  9. Mendapat persetujuan secara tertulis dari suami.
  10. Pasangan Suami-istri tidak boleh mengajukan lamaran pada musim haji yang sama.
  11. Bersedia tidak memahrami suami-istri, orang tua dan/atau mertua baik sebagai petugas maupun jamaah haji.
  12. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan sesuai kebutuhan operasional.
  13. Tidak sedang terlibat dalam proses hukum.
Ada juga beberapa persyaratan khusus kepada calon pelamar tenaga kesehatan haji tahun 2013 ini. Untuk sosialisasi info pendaftaran tenaga kesehatan haji tahun 2013 akan diadakan dari tanggal 1-16 Pebruari 2013, untuk pendaftaran dan registrasi online penerimaan tenaga kesehatan haji baik itu untuk TKHI Kloter atau pun PPIH akan diadakan dari tanggal 11-23 Pebruari 2013 dan penerimaan surat lamaran melalui PO BOX yang telah ditentukan dari tanggal 25 Pebruari - 3 Maret 2013 sedangkan untuk seleksi berkas TKHI dan PPIH adalah dari tanggal 25 Pebruari 2013 sampai dengan 30 Maret 2013.

Bagi para perawat yang ingin mencoba mendaftar ini harus mempunyai beberapa sertifikat khusus baik itu pelatihan kegawat daruratan keperawatan (BTLS, BCLS, BTCLS, BLS, PPGD, Emergency Nursing) dan demikian pula bagi para dokter. Untuk dokter harus memiliki sertifikat kegawat daruratan medik (ATLS, ACLS, ATCLS, ALS, GELS).

Demikian beberapa dari sedikit hal dari informasi Kemenkes mengenai rekrutmen TKHI PPIH tahun 2013 ini. Dan semoga bisa memberikan manfaat.

Inilah Teknologi Mobil yang Ramah Lingkungan

Saat ini teknologi ramah lingkungan pada kendaraan cukup mudah ditemukan. Bahkan beberapa pabrikan mobil sedang hingga besar menawarkan teknologi ramah lingkungan pada setiap kendaraan yang dibangun. Mulai mobil hybrid hidrogen hingga mobil listrik. Kendati demikian hanya ada beberapa model teknologi yang dianggap bisa membuat kondisi lingkungan bersih.

Berikut ini merupakan teknologi mobil yang ramah lingkungan. Teknologi ini pun sudah banyak pengakuan dari berbagai industri otomotif global hingga digunakan untuk kemutakhiran produknya.
Fiat Multi-Air
Dari namanya saja sudah ketahuan jika peruahaan mobil Fiat yang membangun teknologi tersebut. Teknologi ini diklaim bisa mengendalikan konsumsi bahan bakar dan emisi rumah kaca hingga 10 persen. Teknologi Fiat MultiAir adalah sebuah mesin yang dilengkapi dengan sistem komputer yang mampu mengontrol buka-tutup katup intake pada mobil-mobil Fiat dan Chrysler. Nantinya kedua perusahaan berharap bisa memanfaatkan teknologi ini pada seluruh model mobil Fiat dan Chrysler di dunia.

Pendeteksi Ban Kempis
Sudah cukup banyak produsen mobil mengaplikasikan teknologi ini pada beberapa line-up mereka. Seperti halnya Nissan yang menjulukinya Nissan Easy-Fill Tire Alert. Lampu indikator akan segera menyala jika ban kekurangan tekanan air. Sinyal tersebut memerintah pemilik mobil agar menambah tekanan angin di ban. Bila tekanan angin ban berkurang bisa mempengaruhi konsumsi BBM.

Ford EcoBoost
Mesin Ford yang baru mengawali debutnya 2012 silam ini tercatat sebagai salah satu teknologi mesin ramah lingkungan. Rahasia di balik mesin kecil namun bertenaga ini sangat luar biasa. Meski kapasitas mesin namun tenaga dan torsinya luar biasa. Diklaim Ford, mesin tersebut dengan tingkat efisien sebesar 20 persen BBM dan mengurangi 15 persen efek rumah kaca.

Honda Eco Assist
Ketika pabrikan mobil menawarkan mobil hybrid dan plug-in hybrid, namun Honda menawarkan teknologi Honda Eco Assist dengan kesuksesan setara mobil hybrid. Teknologi ini membantu pengendara lebih bijak dalam menekan pedal gas. Teknologi ECON yang terintegrasi pada mesin juga mampu memberika feedback baik hingga mengurangi konsumsi BBM ketika pengendara tahu cara berkendara yang baik.

Teknologi Toyota RAV4 Listrik
Toyota juga berhasil mengembangkan mobil tanpa emisi. Namun dari banyaknya mobil listrik Toyota hanya Toyota RAV4 listrik yang paling diakui kehandalannya. Untuk mencapai tahap sempurna, Toyota bekerjasama dengan Tesla mendesain mesin dan transmisi listrik. Mungkin ini satu-satunya SUV listrik yang ramah lingkungan. Diperkirakan dengan sekali ini mobil tersebut sanggup berjalan hingga 165 km.

Mazda SkyACTIV
Mazda salah satu produsen yang tidak gembar-gembor dengan mobil listrik. Tapi Mazda menawarkan kreasi lainnya lewat teknologi SkyACTIV. Dan terbukti sukses. Teknologi ini membuat decak kagum dunia. Bahkan teknologi mesin SkyACTIV pada mobil-mobil Mazda diakui setara dengan mobil hybrid. Dan menariknya tidak hanya mesin, Mazda juga mengembangkan SkyACTIV pada casis, transmisi hingga bodi. Keempat kombinasi ini membuat nilai efisiensi semakin tinggi. Contohnya pada sektor transmisi. Mazda berhasi mengembangkan transmisi rendah friksi dan casis ringan berkat bahan yang dirahasiakan oleh pihak Mazda. Keunggulan dari teknologi SkyACTIV menyumbang tingkat keiritan konsumsi BBM hingga 30 persen.