Tuesday, January 29, 2013

Cara Mudah Bersihkan Dasbor Mobil

Dasbor merupakan bagian interior yang sering ditumpuki oleh debu, khususnya mobil  dengan kaca sering terbuka atau pengemudinya perokok. Dapat dibayangkan, kalau dibiarkan begitu saja dalam waktu cukup lama, dasbor jadi kusam. Bahkan, bisa mengganggu kesehatan pengemudi dan penumpang, khusus bila AC dioperasikan. Karena itulah, dasbor perlu dibersihkan agar penampilan resik dan mengilap, termasuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.


Berikut proses membersihkannnya:

1. Usap permukaan dasbor dengan lap plaschamois dengan kondisi sedang (tidak terlalu basah dan kering). Dengan cara ini, debu yang menempel di permukaan dasbor sudah bisa dihilangkan. Kendati demikian masih meninggalkan kotoran yang sudah melekat lama.

2. Setelah kering semprotkan obat pembersih atau pengilap ke permukaan dasbor. Penyemprotan dilakukan per bagian agar bisa dibersihkan dengan cepat menggunakan sikat gigi atau kuas sebelum kering. 

3. Usap permukaan yang telah dibersihkan dengan lap sebelum obat mengering. Biasanya kotoran yang sudah menempel pada dasbor terangkat oleh lap tersebut, kotoran tampak pada lap.

4. Untuk celah permukaan yang sempit seperti lubang AC dan pinggiran head unit,menggunakan korek kuping. Basahi kapas dengan obat kemudian gosokkan berulang-ulang. Lalu usap menggunakan sisi yang satu lagi (yang masih kering dan bersih). 

5. Ingin lebih rapi lagi, bersihkan permukaan trim pintu (dari kulit atau plastik). Proses sama dengan membersihkan dasbor.

No comments:

Post a Comment