Wednesday, January 9, 2013

Komparasi: Toyota NAV1 vs Mazda Biante

Toyota NAV1 dan Mazda Biante adalah mobil yang baru diluncurkan, keduanya sama-sama diklaim sangat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terutama keluarga besar yang suka pelesiran. Keduanya juga memiliki keunggulan masing-masing, memiliki desain mobil futuristik. Yuk kita intip spesifikasi kedua mobil tersebut:

Mesin

Dari sisi mesin, Toyota NAV1 memiliki tenaga yang lebih besar dari ketiganya. Sementara Serena unggul di torsi. Toyota NAV1 menggunakan mesin 2.000 cc 3ZR FAE, 4 silinder 16 valve DOHC with VALVEMATIC bertenaga daya maksimum 158 Ps pada 6.200 RPM dan torsi 196 Nm pada 4.400 RPM. Mesin ini dipadukan dengan sistem CVT, 7 percepatan shift tronic dengan asupan bahan bakar EFI. Salah satu keunggulan NAV1 adalah sistem valvematic yang membuat NAV1 memiliki konsumsi BBM 1:12, dalam pengetesan detikOto paling boros mesin NAV1 mencatat angka 1:9.

Mazda Biante diperkuat mesin 2.000 cc 4 silinder DOHC 16 valve dengan Sequential Valve Timing (SV-T) dan Electronic Throttle Control (ETC) yang dikawinkan dengan Direct Injection. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga 150 Ps pada 6.200 RPM dengan torsi 190 Nm pada 4.500 RPM. Sayang kami belum sempat menjajal konsumsi BBM mobil ini.

Interior

Ini dia bagian yang penting untuk sebuah MPV mewah. Untuk interior ketiganya mengandalkan desain mewah dan memikat. Ketiganya menawarkan kepraktisan dan kelegaan kokpit. Toyota NAV1 hanya bisa menampung 7 penumpang saja sedang lawannya bisa sampai 8 penumpang.

Toyota NAV1 hanya bisa menampung 7 penumpang karena kursi tengah mengadopsi tema captain seat. Kursi tengah NAV1 bisa digeser 60 derajat untuk memudahkan penumpang masuk. Asyiknya kursi model ini bisa diputar 180 derajat, jadi penumpang di baris kedua dan ketiga bisa saling berhadap-hadapan.

Namun Mazda tak kalah baik. Kursi baris ke-2 yang tersedia rel bisa dimundurkan sampai belakang. Jadi kabin tengah semakin lebar.

Fitur 

Pada Toyota NAV1, tersedia fitur dual zone air conditioner dengan pollen removal. LCD berukuran 5,8 inci yang sudah dilengkapi peta navigasi (tipe V). Juga ada fitur rear seat entertainment untuk penumpang. Audionya bisa memutar berbagai interface media terkini. Suara yang keluar dari audio double DIN pun cukup baik. Fitur ECO juga tersedia, tetapi fitur ini hanya memberitahukan apakah cara mengemudi Anda sudah ekonomis atau belum.

Mazda Biante dilengkapi dengan audio double DIN. Yang paling menarik begitu AC dinyalakan, fitur Anti-allergenic langsung aktif. Fitur tersebut bisa membunuh virus di kabin interior.

Harga

Harga Toyota NAV1 tipe G Rp 381,9 juta, tipe V Rp 401,9 juta NAV1 tipe G A/T LUX dijual Rp 388,4 juta sedangkan varian termahal NAV1 V A/T LUX dijual Rp 408,4 juta. Mazda Biante dibanderol Rp 380 juta on the road Jakarta.

No comments:

Post a Comment