Wednesday, February 13, 2013

Lakukan Ini Jika Mobil Baru Anda Kena Noda

Memiliki mobil baru tidak selamanya bebas perawatan. Sering dijumpai mobil baru terdapat noda di beberapa bagian bodi, kenyataan itu bisa diakibatkan mobil terlalu lama disimpan di lapangan terbuka area pabrik dan lolos inspeksi sebelum delivery ke konsumen.  

Wajar bila mobil baru terdapat noda yang susah hilang pada bagian bodi. Karena mobil diletakkan di gudang penyimpanan mobil, biasanya di area lapangan terbuka. Mobil dibiarkan terkena sinar matahari langsung dan kehujanan.
Dengan kondisi seperti itu tentu perlu perawatan. Terlebih jika noda seperti jamur yang tergolong sulit dihilangkan. Selain itu, perawatan ini berguna untuk menjaga tampilan mobil tetap seperti baru dalam jangka waktu lama.

Bila Anda mempunyai waktu luang, proses menghilangkan noda seperti ini bisa dilakukan sendiri. Caranya, cuci mobil secara lebih dahulu. Jangan biarkan mobil kusam terlalu lama. Pastikan melakukan pencucian dari bagian yang mudah hingga ke bagian yang sulit dijangkau. Dengan cara ini, Anda juga dapat melihat di titik mana saja ada noda.

Gunakan sampo khusus mobil dan cara menyeka bodi mobil dengan pola dari atas ke bawah. Hindari gerakan memutar. Hal itu untuk mencegah munculnya baret halus (swirl mark).

Ketika noda di bodi mobil sudah Anda temui, langkah selanjutkan adalah melakukan pemolesan. Anda dapat menggunakan tangan maupun mesin poles. Tuangkan obat poles pada pad, bukan pada bodi mobil. Proses pemolesan pun menggunakan gerak­an yang teratur dari kiri-kanan dan atas-bawah.

Langkah berikutnya adalah melapisi bodi mobil dengan wax. Langkah ini dimaksudkan untuk menghilangkan noda pada mobil baru dan sekaligus mengilapkan cat mobil. Se­baiknya pilih wax dan ramah lingkungan.

Gunakan wax secukup­nya dengan cara oleskan wax pada kain katun (pad). Lalu gosokan ke bagian bodi mobil secara merata dengan sedikit tekanan. Menggunakan mesin poles bisa memberi hasil lebih baik.

No comments:

Post a Comment