Tuesday, February 19, 2013

Mobil Ini Sudah Dilengkapi 'Kotak Hitam'

Citroen C1 Connexion edisi spesial menjadi mobil pertama di dunia yang menggunakan kotak hitam sebagai fitur standarnya. Perangkat tersebut berfungsi merekam aktivitas berkendara, terutama sebagai bukti bila terjadi kecelakaan.
Citroen bekerja sama dengan Trafficmaster, pemasok sistem Smartnav, untuk memasang dan mengaktifkan perangkat pada varian yang hanya dijual 750 unit ini. Tidak ada penambahan biaya untuk pemasangan alat tersebut sehingga banderol tetap 9.820 poundsterling atau sekitar Rp 147,3 juta. Juga tidak ada perbedaan spesifik antara edisi spesial dengan versi 3 pintu standar. Termasuk jantung pacu yang juga mengandalkan mesin 3 silinder kapasitas 1,0 liter dengan tenaga 68 PS.

Khusus pembeli Connexion dibebaskan biaya asuransi untuk tahun pertama. Kebijakan ini berlaku untuk konsumen berusia 19 hingga 75 tahun. Dengan program itu diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Program penggunaan kotak hitam itu sendiri sebenarnya sempat ramai dibicarakan di Amerika Serikat dan akan dituangkan dalam RUU Transportasi yang disahkan oleh badan legislatif mereka. Diharapkan peraturan tersebut mulai aktif pada 2015. Dengan meluncurnya C1 Connexion berarti Eropa selangkah lebih maju.

No comments:

Post a Comment