Wednesday, February 20, 2013

Inilah Mobil Listrik yang Bisa Dilipat

Mobil kecil dibutuhkan karena ruang jalan yang semakin sempit dibanjiri berbagai macam mobil, begitupun dengan lahan parkir yang ada. Untuk itulah mobil listrik lipat ini dibuat. Mengusung konsep Prestige Electric Car dan diberi nama Casple-Podadera.

Mobil untuk dua orang penumpang ini memilki kemampuan roda belakang yang dapat bertransformasi dengan dilipat ke dalam kabin bodinya.
Dengan tiga tahun penelitian dan pengembangannya, Casple-Podadera menggunakan teknologi dalam rangka bodi 1,9 meter untuk menghemat ruang sebanyak mungkin. Dengan roda belakang yang dapat dilipat dan dipanjangkan hingga panjang totalnya mencapai 2,3 meter.

Ketika dipanjangkan, stabilitas dan kenyamanan berkendara akan meningkat, namun ketika berhadapan dengan ruang jalan atau lahan parkir yang sempit, mobil ini dapat melipat roda belakangnya di bawah kabin bodinya. Desainnya seperti sebuah mobil golf, tapi memiliki interior yang lebih luas.

Fitur keselamatannya didapat melalui kerangka tubular yang unik, dengan peningkatan kekuatan rangka di beberapa zona bodi yang rawan kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan penumpang.

Untuk menjaga penumpang jatuh keluar dari sisi sampingnya, panel vertikal yang berfungsi sebagai pintu, terletak di atas titik pivot poros belakangnya. Produsen mobil ini juga menawarkan pilihan versi pintu terbuka dan tertutup.

Berdasarkan simulasi, jarak yang dapat ditempuh mobil ini dalam sekali penggunaan dayanya yakni kira-kira 130 kilometer jauhnya. Dengan kecepatan tertingginya 110 km/jam dan rating energi 95 Wh/km, mobil ini dapat menempuh kecepatan 0-100 km dalam 11 detik.

Bobotnya ringan hanya sekitar 720 kg (1,590 lbs). Model pertamanya memang dirancang dengan sistem penggerak listrik khusus, tetapi produsennya telah menyediakan platform untuk mendukung konfigurasi tenaga gas dan hybrid.

No comments:

Post a Comment