Thursday, March 7, 2013

Teknologi Lampu Terbaru dari Volvo

Produsen mobil Volvo telah mengembangkan teknologi baru Active High Beam Control (AHBC), yakni lampu jauh yang tidak menyilaukan. Mereka mengklaim AHBC tak cuma memperhatikan kendaraan dari depan, tetapi juga membuat pengemudi lebih aman  dalam keadaan gelap.


Keuntungan utama AHBC adalah ketika mengemudi sangat minim cahaya. Objek yang biasanya tak tampak seperti mobil parkir di pinggir jalan, binatang, pejalan kaki, atau pengguna jalan lain tanpa lampu bisa lebih jelas terlihat. Tapi, pengguna mobil lain tak kena sorotan cahaya terang ini.

Volvo menjelaskan, lampu bekerja menyorotkan cahaya hanya ke objek yang diperlukan. AHBC menggunakan kamera kecil di atas kaca spion kabin sebagai detektor, mirip yang dipakai pada teknologi rem otomatis di beberapa merek. Kamera ini bertugas mengidentifikasi objek mana yang perlu diberi penerangan, dan mana yang tidak disorot.

Unit kontrol akan menerima informasi dari kamera tersebut, dan meneruskannya ke modul proyektor cerdas yang terintegrasi pada lampu utama. Silinder kecil dengan potongan logam berbagai ukuran akan "menghalangi" cahaya sesuai perintah dari unit kontrol, dan menerangi objek yang diperlukan saja.

No comments:

Post a Comment