Ford Fiesta banyak dikenal sebagai mobil yang dinamis dan asyik dikemudikan. Jika ditanya apa saja keunggulan hatchback Ford itu, maka beberapa di antaranya adalah kelincahan berkendara, tampilan menarik dan fitur berlimpah.
Di Indonesia, Fiesta didagangkan dengan 2 pilihan mesin, 1.400 cc dan 1.600 cc. Versi 1,4 liter hadir dalam banyak varian dan ragam transmisi. Sedangkan 1.600 cc cuma satu yakni Sport bergirboks otomatis. Sekarang, Fiesta Sport sudah memiliki opsi bertransmisi manual. Nama lengkapnya Fiesta 1.6L 5D MT Sport.
Di Indonesia, Fiesta didagangkan dengan 2 pilihan mesin, 1.400 cc dan 1.600 cc. Versi 1,4 liter hadir dalam banyak varian dan ragam transmisi. Sedangkan 1.600 cc cuma satu yakni Sport bergirboks otomatis. Sekarang, Fiesta Sport sudah memiliki opsi bertransmisi manual. Nama lengkapnya Fiesta 1.6L 5D MT Sport.
Ia sudah resmi dijual dan harga yang ditawarkan Rp 216,6 juta. Lebih murah dari Fiesta Sport ‘biasa’ dengan nominal Rp 236,6 juta.
Secara tampilan, sulit membedakan Fiesta Sport bertransmisi manual dan otomatis. Tak ada emblem atau tulisan yang menegaskan bahwa ini merupakan Fiesta bermesin 1.600 cc dengan pedal kopling.
Kemiripan juga terjadi di interiornya. Desain atraktif namun tetap menghadirkan kepraktisan tinggi bagi para penumpang. Dasbor yang indah itu juga disesaki aneka fitur yang unggul di kelasnya. Sebut saja voice command, koneksi telepon via Bluetooth hingga MID. Jangan lupakan posisi duduk ergonomis yang juga nyaman karena dibalut kulit asli.
Secara tampilan, sulit membedakan Fiesta Sport bertransmisi manual dan otomatis. Tak ada emblem atau tulisan yang menegaskan bahwa ini merupakan Fiesta bermesin 1.600 cc dengan pedal kopling.
Kemiripan juga terjadi di interiornya. Desain atraktif namun tetap menghadirkan kepraktisan tinggi bagi para penumpang. Dasbor yang indah itu juga disesaki aneka fitur yang unggul di kelasnya. Sebut saja voice command, koneksi telepon via Bluetooth hingga MID. Jangan lupakan posisi duduk ergonomis yang juga nyaman karena dibalut kulit asli.
Di ujung konsol tengah terdapat tuas perseneling. Inilah menu utama sekaligus intisari dari Fiesta 1.6 Sport MT. Setelah mesin dinyalakan, kami langsung masuk ke gigi 1. Pedal kopling terasa ringan begitu juga dengan pergeseran tuas transmisi. Enteng dan presisi.
Penghantaran tenaga berlangsung mulus. Torsi yang muncul membawa mobil berakselerasi dengan ringan di setiap tingkat percepatan. Asyiknya transmisi manual, kami bisa menahan gigi di kecepatan yang kami inginkan. Kalau sekadar menyalip kendaraan di depan saja, ia dengan mudah melakukannya. Apalagi jika si pengemudi ingin eksplorasi lebih jauh, ia siap melayani lonjakan adrenalin Anda.
Kesigapan juga hadir di akselerasi pertengahan. Lajunya terasa padat sejak dari putaran bawah hingga mendekati red line. Nyaris tak ada gejala ‘mengambang’ dan itu membuat pengendaraannya semakin fun.
Apalagi jarak dari setir ke tuas perseneling terbilang dekat. Jadi cukup membantu untuk mempersingkat waktu shifting saat sedang memacunya dengan penuh ambisi.
Selain transmisi, kapabilitas sasis turut meningkatkan kelincahannya. Ia bertambah asyik justru saat manuver di kecepatan tinggi. Terlebih ia sudah dibekali kontrol stabilitas yang mampu mengontrol putaran mesin dan aktivasi rem demi mempertahankan stabilitas.
Terlepas dari segala keasyikannya, ia tetap menawarkan kepraktisan tinggi. Tempat penyimpanan, termasuk laci tersembunyi di bawah bangku penumpang depan memudahkan Anda menyimpan barang.
Artinya, semua kelebihan yang Ford Fiesta 1.6 Sport tawarkan kini ada pada saudara kembarnya yang bertransmisi manual. Hanya saja, dengan girboks manual, memungkinkan driver menggali lebih dalam potensi mobil dan skill mengemudi yang dimilikinya.
No comments:
Post a Comment